PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Satgas TMMD Bersama Dispangtan Mentawai Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Penanaman Bibit Buah-Buahan

MENTAWAI,infonusantara.net - Penanaman bibit buah-buahan di lokasi lahan kosong sangat besar manfaatnya bagi kehidupan manusia. Di samping untuk kesehatan juga menjadi ladang usaha perekonomian masyarakat.

Pada kegiatan TMMD ke-110 Kodim 0319/Mentawai dengan sasaran non fisik, satgas TMMD bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Mentawai dalam rangka penanaman bibit buah-buahan di dua lokasi, Senin (8/3/2021).

Penanaman bibit buah-buahan bertempat di lokasi asrama kaum setia Desa sido makmur dan Perkebunan sipora jaya Km.8 Dusun karya bakti. Jenis bibit buah-buahan yang di tanam berupa Matoa, Mangga, Rambutan dan Durian.

Pasiter Kodim 0319/Mentawai, Letda.Inf.James Sibarani mengatakan, penanaman bibit buah-buahan ini dalam rangka menunjang kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani, pekebun dan masyarakat pada umumnya.

Selain menunjang kesejahteraan masyarakat, penanaman bibit buah-buahan tanam tua ini juga sebagai upaya mencegah terjadinya bencana seperti tanah longsor, ujarnya.

"Penanaman buah-buahan bersinergi dengan Dispangtan Mentawai ini upaya mengembangkan dan melestarikan buah-buahan lokal, serta mengajak masyarakat untuk peduli dengan lingkungan" imbuhnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Mentawai, Hati Sama Hura menyebut kegiatan penanaman bibit buah-buahan ini merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tak hanya itu, program ini juga mengajak masyarakat untuk gemar mengkonsumsi buah-buahan salah satunya memanfaatkan lahan kosong untuk di tanam bibit buah-buahan, terangnya.

"Bibit buah-buahan yang di tanam ini, kita berharap tumbuh dengan baik dan dapat di nikmati masyarakat nantinya" ucap Hati Sama Hura.

Dikatakan, menanam pohon buah di lahan-lahan produktif baik itu sebagai usaha ataupun hobi yang di tanam setidaknya dapat meningkatkan perekonomian. Jadi jika cinta dan gemar makan buah harus berkewajiban menanam pohon buah-buahan.

Untuk penanaman bibit buah-buahan, pihaknya menyiapkan sebanyak 250 bibit yang sudah di rencanakan, nantinya bibit buah-buahan ini di tanam di lokasi lahan kosong milik masyarakat.

Program ini kita lakukan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat, selain itu kalau keseriusan masyarakat menanam buah, maka pasokan buah-buahan tidak lagi di datangkan, bahkan bisa mencukupi kebutuhan di wilayah Mentawai.

Meski demikian, program penanaman bibit buah-buahan ini bagaimana mengajak masyarakat lebih giat menanam serta memotivasi untuk peduli lingkungan dan tanaman tua ini jangka panjang, bahkan bisa di nikmati anak cucu nantinya, tutupnya.

Kegiatan penanaman bibit buah-buahan langsung di hadiri Kepala Dispangtan Mentawai,Pasiter Kodim 0319/Mentawai Letda.Inf.James Sibarani, Pengurus KAUM, BPD Desa Sidomakmur, Anggota Kodim 0319/Mentawai, Anggota Penyuluhan Pertanian Mentawai dan Masyarakat


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »