PILIHAN REDAKSI

Warga Temukan Dua Mayat di Tanjung Ampalu dan Satu Mayat di Silukah Diduga Korban Banjir Bandang Lahar Dingin Gunung Merapi

  INFONUSANTARA.NET,Sijunjung -- Warga temukan dua mayat di Tanjung Ampalu dan satu di Silukah Kabupaten Sijunjung diduga korban banjir ban...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Galakkan Penanaman Magrove, Pj Bupati Mentawai Dukung Program Unggulan Kasad




INFO|MENTAWAI - Pemkab Mentawai sangat mendukung program unggulan yang di luncurkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengusung tema "TNI AD dengan rakyat, bersatu dengan alam untuk NKRI.


Melalui kegiatan ini, Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar kegiatan ini menjadi budaya kita untuk melakukan penanaman magrove.


"Pasalnya kita berbatasan langsung dengan laut, maka dalam hal ini penting di galakkan serta sangat strategis di lakukan penanaman magrove" sebut Pj Bupati di lokasi magrove, Tuapeijat km.0, Rabu (21/2/2024).


Penanaman magrove ini, Bupati berharap kepada masyarakat mulai dari orang dewasa dan para pelajar untuk bisa menindaklanjuti apa yang sudah di laksanakan hari ini.


“Melindungi hutan bakau dengan cara melakukan penanaman, kita dapat membantu melindungi masa depan tumbuhan dan biota ekosistem laut" sebutnya.





Dia mengatakan, manfaat magrove dalam kegidupan masyarakat berfungsi sebagai penghalang alami terhadap badai dan banjir, melindungi garis pantai dari erosi dan membantu mengurangi dampak bencana alam.


Selain itu hutan mangrove menyediakan habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan, termasuk ikan, burung, dan krustasea. Hutan mangrove juga merupakan tempat yang penting bagi migrasi dan reproduksi hewan.


Tak hanya itu hutan mangrove menyerap dan menyimpan banyak karbon dioksida dari atmosfer, sehingga memiliki peran penting dalam penyimpanan karbon global, tandasnya.


Sesuai laporan Dandim 0319/Mentawai, Letkol inf Restu Petrus Simbolon, untuk penanaman bibit magrove ada sebanyak 1000 batang dengan luas lokasi penanaman lebih kurang 1,5 hektar.


Sementara bantuan sebanyak 500 bibit buah dari Dinas Pertanian Mentawai akan di berikan kepada masyarakat petani untuk di tanam di lahan masing-masing.


Diakhir kegiatan penghijauan, Pj Bupati Mentawai, Dandim 0319/Mentawai, Kapolres Mentawai, Danlanal Mentawai, Kejari Mentawai dan Camat Sipora Utara secara bersama berikan bantuan bibit jengkol kepada masyarakat, (Ers).



Editor : Tim Redaksi


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »