PILIHAN REDAKSI

Jalin Silahturahmi, Babinramil 01 Sikabaluan Komsos Bersama Anggota Dishub

INFO|MENTAWAI - Membangun komunikasi sosial tak hanya sebatas menyambangi mitra karib, namun kegiatan yang di laksanakan memiliki arah dan ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Babinsa Motivasi Warga Untuk Tingkatkan Kualitas Pembuatan Atap Rumbia.




INFO|MENTAWAI - Batang sagu, selain bisa untuk di konsumsi sebagai makanan juga bisa di manfaatkan daunnya untuk di jadikan atap rumah.


Terkait atap rumbia ini sejak dulu sudah di manfaatkan oleh masyarakat mentawai untuk atap rumah, akan tetapi untuk memiliki nilai jual masih di kategorikan rendah.


Dengan demikian, melalui kegiatan inovatif Babinsa Koramil 03/Sipora, Serda P Situngkir motivasi warga binaan dalam pengolahan daun sagu menjadi atap rumbia.


Untuk memiliki nilai jual atap rumbia ini, sebut P Situngkir perlu memperhatikan bahan yang akan di komersilkan, karena kualitas sangat berpengaruh dengan harga.


"Hari ini kita motivasi dan beri semangat kepada warga binaan untuk meningkatkan pengolahan atap rumbia menjadi berkualitas serta memiliki nilai jual tinggi" ucapnya, Sabtu (1/4/2023).


Seperti di ketahui bawahasannya di kepulauan mentawai dulunya hampir rata-rata memiliki banyak pohon sagu yang di jadikan sebagai bahan pokok, namun sekarang zaman bekembang pohon sagu sedikit mulai di tinggalkan.


"Masyarakat saat ini lebih kepada pengolahan daun sagu di jadikan sebagai atap rumbia yang akan di komersilkan, ini salah satu keraifan lokal yang terus di kembangkan" tuturnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »