PILIHAN REDAKSI

Batalyon Wicaksana Laghawa Alumni Akpol 2002 Serahkan Bantuan Peduli Bencana

INFO|50 Kota - Beberapa hari yang lalu, Provinsi Sumatera Barat dirundung bencana banjir bandang (galodo) di sejumlah wilayah. Banjir banda...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Permudah Akses Warga, Desa Goiso'oinan Bangun Plat Dekker di Dusun Pogari




INFO|MENTAWAI - Plat dekker adalah pembatas jembatan dengan pinggir got, sungai atau dengan irigasi. Kontruksi ini sangat penting untuk bangunan, karena fungsinya adalah mengaliri air hujan ke aliran sungai melalui drainase.


Sedangkan talud adalah bangunan yang berguna untuk memperbesar tingkat kestabilan tanah. Pada umumnya, dinding ini dibangun di daerah-daerah atau desa yang kondisi tanahnya masih labil. 


Fungsi talud yang utama ialah untuk menahan tanah yang terletak di belakangnya, melindungi kondisi tanah di depannya, dan mencegah timbulnya bahaya longsor.


"Pengerjaan penyelesaian plat dekker ini, guna mempermudah masyarakat dalam beraktivitas serta membantu kelancaran kegiatan desa" ucap Kades Goiso'oinan Sion Marsutim Taileleu kepada media, Sabtu (17/12/2022).


Pembangunan plat dekker ini berlokasi di Dusun Pogari, dimana anggarannya bersumber dari dana Desa Goiso'oinan dengan tujuan membantu kelancaran aktivitas masyarakat, tuturnya.


"Pembangunan sarana dan prasrana, termasuk plat dekker ini di prioritaskan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam beraktivitas" ucapnya lagi.


Dia menjelaskan, pembangunan plat dekker atau biasa disebut gorong-gorong drainase yang di bangun di dusun pogari sebagai sarana penghubung atau penyeberangan.


Konsep kegiatan pembangunan yang di lakukan Desa Goiso'oinan ini berorientasi pada skala prioritas artinya yang sifatnya urgen atau yang sangat di butuhkan masayarakat.


"Kita berharap setelah selesai pembangunan plat dakker ini untuk dapat menjaga dan merawatnya, agar dapat di gunakan lebih lama lagi" pungkasnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »