PILIHAN REDAKSI

Elly Thrisyanti Tegaskan Dirinya Siap Maju di Pilkada Kota Padang Jika Diamanahkan Partai Gerindra

Elly Thrisyanti,SE,Akt anggota DPRD Kota Padang Fraksi Partai Gerindra. Elly Thrisyanti Tegaskan Siap Maju di Pilkada Jika Diamanahkan Parta...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Parah! Jalan Berlubang Makin Banyak, Anggota Komisi III Iswanto Kwara Desak Pemko Padang Tindak Lanjuti Segera

 

Iswanto Kwara Anggota Komisi III DPRD Kota Padang.


INFONUSANTARA.NET  - Kondisi Jalan-jalan utama di Kota Padang seperti Jalan di By pass Aia Pacah, Bandar Buat, Nanggalo, Indarung dan sejumlah titik lain di Kota Padang terpantau banyak berlubang.


Anggota Komisi III DPRD Kota Padang dari Fraksi Partai PDI Perjuangan, Iswanto Kwara mendesak keras Pemerintah Kota terkait untuk segera menindaklanjutinya.


"Kalau melihat kondisi ini memang miris ni, karena bagaimanapun Kota Padang itu Ibukota Provinsi di Sumbar. Tentu pemerintah Kota harus menyikapi ini dengan segera melakukan tindakan oleh dinas terkait. 


"Kalau kita dari Komisi III, mendesak lah pemerintah melalui Dinas terkait untuk segera melakukan tindakan cepat," ucap Iswanto Kwara, Minggu (11/12/2022). 



Lebih lanjut Ia menjelaskan, kondisi ini tidak hanya terjadi di satu atau dua kecamatan saja, tapi hampir di seluruh jalan di tiap kecamatan. 


"Kita lihat bukan di satu atau dua kecamatan, tapi menyeluruh hampir di 11 kecamatan 104 kelurahan yang jalan berlubang ini. Ini kan pemerintah tidak bisa menunggu-nunggu lagi. Pemerintah kalau dibiarkan lubangnya semakin besar. Dan akibat adanya lubang ini sudah banyak juga pengendara yang terjatuh akibat lubang ini. Harapannya segera untuk menambal lubang-lubang yang banyak di jalan-jalan Kota Padang ini," ucapnya.


Disamping itu, Ia juga mengimbau masyarakat untuk harus berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.


"Karena di bulan akhiran ber-ber, ujung-ujung tahun ini hampir tiap hari hujan. Tetap utamakan kehati-hatian bagi pengendara," tuturnya.


Menurutnya, banyaknya lubang membuat masyarakat mengambil tindakan dengan memberi pertanda sendiri.


"Itu menurut saya, artinya masyarakat sudah jenuh, artinya sudah menunggu tindakan dari pemerintah untuk memperbaikinya. Makanya ada yang memberi tanaman disitu, pohon pisang, pot-pot, ban di jalan-jalan berlubang itu. Memang kalau tidak ada tindakan juga, tiap lubang itu tanami aja pot bunga, biar berbunga-bunga indah juga banyak tanaman," selorohnya.


Ia menegaskan Pemko harus mengutamakan keselamatan warganya. "Sebab kalau sudah seperti ini artinya keselamatan warganya tidak dipikirkan lagi," tegasnya.


Sebelumnya, tanggapan lain disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Boby Rustam. Politisi dari Fraksi Gerindra ini menyebut sudah melakukan pengawasan dan mitra PU PR dan Perkim, untuk tindaklanjut seluruh jalan berlubang di Kota Padang.


"Saya selaku Ketua Komisi III selalu intens berbicara dengan Dinas PU PR, pak Tri. Bukan hanya terkait jalan berlubang saja, masjid di Daerah Lubuk Kilangan (Luki) yang mau longsor akibat tergerus aliran sungai Kuranji itu juga saya prioritaskan," ucapnya.


Ia mengungkapkan, dari hasil pembicaraan bersama Dinas PU PR dan Perkim, disampaikan kendala yang dihadapi untuk melakukan perbaikan saat ini.


"Jadi begini, pada prinsipnya ketika dilakukan perbaikan jalan itu tergantung cuaca, kalau cuaca hujan terus menerus percuma dilakukan perbaikan jalan. Nanti akan rusak lagi, jadi ibaratnya kerja sia-sia. Pemerintah terkait mengaku menunggu waktu. InsyaAllah saya juga selalu mengontrol apa yang menjadi kerja dari Dinas PUPR dan Perkim," tuturnya.


Ia menyebut, masyarakat tidak bisa juga serta merta menyalahkan Dinas PU yang tidak mengontrol jalan berlubang. Sebab karena situasi musim hujan saat ini belum bisa dilakukan perbaikan. "Itu yang disampaikan kepada saya dari hasil diskusi kami dengan Dinas PU," kata dia.


Ia menambahkan Dinas PU juga sudah mulai melakukan perbaikan dengan telah direalisasikannya perbaikan jalan berlubang di dua titik.


"Alhamdulillah sudah ada dua jalan yang direalisasikan, ketika cuaca mendukung. Salah satunya ada dekat kampus Unand,"pungkasnya. (Inf)


Boby mengimbau masyarakat, dengan banyaknya kerusakan jalan yang nyaris hampir seluruh jalan di Kota Padang, untuk tetap berhati-hati.


"Karena memang saat air tergenang lobang tidak terdeteksi, tidak terlihat sehingga berpotensi kecelakaan. Kalau bisa juga masyarakat setempat, kalau jalan di situ berlubang dikasi tanda atau petunjuk menjelang ada perbaikan dari Dinas PU PR," ucapnya menutup.(Inf)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »