PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Kontroler PS5 Tidak Dapat Terhubung? Ini Cara Memperbaikinya




PS5 merupakan PlayStation terbaik yang harus Anda miliki .Untuk mengetahui harga PS5 yang terbaru, Anda bisa mengunjungi Blibli. Terlepas dari berbagai kecanggihan yang ditawarkan, ada satu kemungkinan yang terjadi pada PS5, yakni pengontrol atau kontroler yang tidak dapat terhubung. Artikel ini menjelaskan cara memperbaikinya ketika pengontrol PS5 tidak dapat terhubung secara nirkabel atau dengan kabel USB. Instruksi berlaku untuk pengontrol resmi Sony DualSense untuk PlayStation 5.


Penyebab Kontroler PS5 Tidak Berfungsi

Ketika membeli dengan harga PS5 terbaru yang mahal, tentu Anda tidak ingin hal-hal buruk terjadi ketika akan memainkannya. Ada beberapa alasan mengapa pengontrol PS5 Anda tidak dapat dipasangkan dengan konsol:

1. Pengontrol disinkronkan dengan perangkat yang berbeda. Memasangkan pengontrol Anda dengan PC atau konsol lain akan memutuskan pemasangannya dengan PS5 Anda.

2. Masalah dengan konektivitas Bluetooth pengontrol Anda. Perangkat Bluetooth terdekat dan objek lain dapat mengganggu sinyal nirkabel.

3. Masalah dengan kabel USB-C. Anda mungkin menggunakan jenis kabel yang salah, atau mungkin rusak.

4. Masalah dengan port USB. Soket pada pengontrol dan konsol mungkin rusak atau kotor.

5. Masalah dengan perangkat keras internal pengontrol. Misalnya, baterai atau sensor

6. Bluetooth bisa rusak.

7. Firmware usang. Jika perangkat lunak sistem tidak memiliki pembaruan terbaru, itu dapat menyebabkan semua jenis masalah dengan PS5 Anda.


Cara Memperbaikinya Saat Pengontrol PS5 Tidak Dapat Terhubung


Ikuti langkah-langkah ini hingga pengontrol Anda dapat terhubung ke PS5:

1. Sinkronkan pengontrol PS5 Anda

Colokkan ke konsol Anda dengan kabel USB dan tekan tombol PS pada pengontrol. Jika Anda memiliki pengontrol lain tetapi tidak memiliki kabel cadangan, coba gunakan pengontrol lain untuk menyinkronkannya secara nirkabel.


2. Gunakan kabel USB-C yang berbeda

Sedih rasanya jika membeli dengan harga PS5 yang mahal namun kontroler tidak bisa berfungsi. Pastikan Anda menggunakan kabel yang disertakan dengan konsol. Jika tidak berfungsi, coba kabel USB-C lain yang dapat mentransfer data dan daya.


Untuk mengesampingkan masalah dengan kabel, coba gunakan dengan perangkat lain. Ada kemungkinan bahwa kabel dapat mengisi daya pengontrol tetapi tidak dapat mengirimkan informasi.


3. Periksa port USB

Tarik perlahan kedua ujung kabel USB untuk memastikan keduanya terpasang dengan benar. Jika Anda melihat ada debu atau kotoran, semprotkan sedikit udara bertekanan ke port untuk menghilangkannya. Jika port pada konsol atau pengontrol terasa longgar, Anda mungkin perlu memperbaikinya. Anda selanjutnya dapat mengisolasi masalah port USB dengan mencoba port USB lain juga.


4. Putuskan sambungan perangkat keras periferal

Lepaskan aksesori apa pun yang telah Anda sambungkan ke pengontrol seperti headphone atau headset.


5. Batalkan sinkronisasi perangkat lain dari pengontrol Anda

Jika Anda telah memasangkan pengontrol PS5 Anda dengan PC atau konsol lain, hapus dari daftar koneksi Bluetooth perangkat lain, matikan Bluetooth di perangkat lain, atau matikan perangkat lain sama sekali.


6. Hapus sumber gangguan Bluetooth

Jika Anda mengalami masalah saat menyambungkan pengontrol secara nirkabel, mendekatlah ke PS5, atau singkirkan objek apa pun di antara pengontrol dan konsol. Selain itu, pindahkan perangkat Bluetooth terdekat yang dapat mengganggu sinyal nirkabel.


7. Lakukan soft reset

Untuk melakukan ini, matikan konsol dengan menahan tombol daya, atau gunakan pengontrol lain untuk mematikannya di pengaturan sistem. Ini akan menghapus memori dan menyelesaikan beberapa masalah.


8. Reset pabrik pengontrol PS5 Anda

Menggunakan penjepit kertas yang diluruskan, tekan tombol Reset di dalam lubang kecil di bagian belakang pengontrol PS5 untuk mengatur ulang pengontrol PS5 ke pengaturan pabrik.


9. Perbarui perangkat lunak sistem PS5

Jika Anda memiliki pengontrol lain, periksa pembaruan sistem. Buka Pengaturan > Sistem > Perangkat Lunak Sistem > Pembaruan dan Pengaturan Perangkat Lunak Sistem > Perbarui Perangkat Lunak Sistem.


10. Ganti baterai pengontrol PS5

Jika pengontrol tidak dapat mengisi daya atau menyala, kemungkinan ada masalah dengan baterai. Cari penggantinya secara online, atau perbaiki pengontrol Anda secara gratis jika masih dalam garansi.


11. Dapatkan pengontrol Anda diperbaiki atau diganti oleh Sony

Jika pengontrol Anda benar-benar tidak responsif, buka halaman Perbaiki dan Ganti Sony PlayStation untuk melihat apakah Anda dapat memperbaikinya atau menggantinya secara gratis.


Itulah 11 cara memperbaiki PS5 saat kontroler tidak dapat berfungsi. Meskipun dibanderol dengan harga PS5 yang mahal, tidak menutup kemungkinan bahwa ini akan terjadi. Terutama jika Anda sudah menggunakan PS5 dalam jangka waktu yang lama.


Apakah Anda tertarik untuk memiliki PS5? Anda bisa membeli dan mengecek harga PS5 terbaru di Blibli. Meskipun dibanderol dengan harga yang mahal, tidak menutup kemungkinan bahwa kontroler tiba-tiba tidak bisa berfungsi. Namun, jangan khawatir ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui. Tak hanya itu, ada pula 11 cara memperbaiki agar kontroler PS5 Anda bisa kembali berfungsi.


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »