PILIHAN REDAKSI

Maju Pilwako Payakumbuh, Erwin Yunaz Daftar ke Partai Demokrat

INFO|Payakumbuh - Mantan Wakil Wali Kota Payakumbuh periode 2017-2022, Erwin Yunaz, resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrat pada hari in...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

68 Walnag Terpilih, Salah Satunya Dari Sosok TNI Jadi Walinagari Tanjung Gadang



INFO|Limapuluh Kota - Setelah melewati proses pemilihan pesta demokrasi Pilwanag Serentak Di Kabupaten Limapuluh Kota, Hari Ini Jumat, 01-07-2022, Wali Nagari Terpilih dilantik dan Pengambilan Sumpah Jabatan Yang Dipimpin Langsung Oleh Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Di Aula Kantor Bupati Setempat.


Dari 68 wali nagari terpilih Yang dilantik, Salah satunya ada nama Zamhar Yang merupakan wali nagari terpilih dari Tanjung Gadang Kecamatan Lareh Sago Halaban, Zamhar yang merupakan seorang TNI, berhasil meraih suara terbanyak pada pilwanag serentak bulan lalu.


Kepada awak media, Zamhar mengatakan tak banyak hal yang dijanjikan tapi niat tulus serta pangilan jiwa untuk mengadi kampung halaman dan fokus dalam menjalankan amanah yang diberikan masyarakat Tanjung Gadang kepadanya.


Zamhar merupakan sosok TNI idealis yang dikenal lurus dan visioner. Zamhar diminta masyarakat untuk menjadi wali nagari dan ia pun tak berniat untuk maju menjadi calon wali nagari karena baginya menjadi wali nagari adalah beban berat.


Berdasarkan survei Tim Media di daerah itu sejumlah masyarakat menilai Zamhar sosok yang pas untuk mengurai permasalahan di nagari. Masyarakat setempat mengatakan Zamhar selain membumi, Zamhar telah menunjukkan kepeduliaannya.


Zamhar membantu pasokan air untuk masjid dengan membangun pipa dan kolam penampungan air jauh sebelum pencalonannya menjadi wali nagari. Rencana membeli motor tracker ia urungkan demi membantu pembangunan kelancaran air di mesjid.


Menurut Zamhar menjadi wali nagari adalah musibah baginya karena harapan masyarakat berada dipundaknya, tanggung jawab besar berada di tangannya.


“Innalillahi wainnailaihi rajiun, Pertanggung jawabannya dunia akhirat. Saya takut harapan masyarakat yang tinggi tak dapat saya penuhi karena ketika jadi wali nagari semua persoalan di masyarakat adalah menjadi tanggung jawab saya,” ujarnya, Minggu (3/7/22).


Jika ia memilih gaji jauh lebih besar di TNI, dengan posisi terakhir yang akan ditempatinya pengamanan di kantor Badan Intelijen Negara (BIN). Namun karena dorongan dari masyarakat dan hasratnya untuk memperbaiki kampungnya ia mantabkan untuk menjadi wali nagari.


Ciri khas TNI tegas tetap mengakar dalam dirinya namun disisi lain ia punya prinsip kuat memegang teguh  ajaran agama. Ia pernah ditawari untuk naik pangkat dengan cara menyogok namun ia tolak. Dia tak mau menanggung dosa sogok untuk kepentingan jabatan.


Ditambah dengan gayanya yang bersahaja dan bersahabat serta peduli membuat masyarakat Tanjung Gadang mempercayakan wali nagari kepada dirinya meskipun Zamhar sendiri sebelumnya karena aktiv di TNI jarang tinggal di Kampung.


Zamhar menyadari permasalahan di Nagari Tanjung Gadang mulai dari banyaknya jalan yang rusak, sampai permasalahan tambang di nagari tersebut. “Saya katakan ke masyarakat, saya akan bekerja maksimal, namun saya hanya manusia biasa pasti banyak nanti kelemahan saya,” tuturnya.


Ia menyebut, kemajuan nagari akan terwujud jika bersama-sama. Kesejahteraan masyarakat tak akan tercapai apabila wali nagari dibiarkan bekerja sendiri.


“Kalau Bapak/Ibu biarkan saya sendirian tak ada yang bisa selesai tapi kalau kita bersama-sama saling koordinasi membangun nagari mudah-mudahan kedepan akan lebih baik,” ujarnya.


Kini Zamhar sah menjadi Wali Nagari Tanjung Gadang yang sertijabnya dengan wali nagari lama akan dilakukan lebih kurang dalam 1,5 bulan kedepan dan sesuai aturan yang berlaku, karena ia terpilih jadi wali nagari, Zahmarpun mengajukan pengunduran diri dari TNI.


Penulis : Ady
Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »