PILIHAN REDAKSI

Elly Thrisyanti Tegaskan Dirinya Siap Maju di Pilkada Kota Padang Jika Diamanahkan Partai Gerindra

Elly Thrisyanti,SE,Akt anggota DPRD Kota Padang Fraksi Partai Gerindra. Elly Thrisyanti Tegaskan Siap Maju di Pilkada Jika Diamanahkan Parta...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Dinkes Padang Panjang Adakan Penyuluhan Bagi Lansia



INFO|Padang Panjang - Memperingati Hari Hipertensi Sedunia, Dinas Kesehatan (Dinkes) adakan penyuluhan tentang penyakit Hipertensi bagi lanjut usia (lansia), di Balai Pemuda Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa (17/5/2022).


Tampil sebagai narasumber, Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Dia menjelaskan, hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 140/90 mmHg atau lebih. 


"Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga dapat menimbulkan berbagai penyakit" ujarnya.


Dia menyebut, komplikasi hipertensi ini di antaranya ganguan otak, gangguan penglihatan, fungsi ginjal, serta gangguan jantung. Namun seseorang tidak bisa langsung didiagnosa menderita hipertensi, butuh dua atau tiga kali pemeriksaan," terangnya.


Dikatakannya, faktor penyebab Hipertensi di antaranya seiring dengan meningkatnya usia, keturunan, laki-laki lebih tinggi risikonya dibanding perempuan, merokok dan minuman alkhohol, makanan cepat saji, kegemukan serta stres.


"Tidak semua penderita Hipertensi menyadari penyakit yang dideritanya ini. Hipertensi sering disebut pembunuh senyap, karena tidak ada gejala namun tetap merusak organ tubuh," ungkapnya.


Ditambahkannya, risiko untuk mengidap Hipertensi dapat dikurangi dengan mengurangi konsumsi garam atau jangan melebihi satu sendok teh/hari, melakukan aktivitas fisik teratur, tidak merokok, diet dengan gizi seimbang, mempertahankan berat badan ideal serta menghindari minum alkohol.


"Perlunya penapisan dan deteksi dini Hipertensi. Selain obat, kita harus atur pola hidup sehat. Dengan melakukan pengecekan kesehatan secara rutin, potensi penyakit akan dapat diketahui," sampainya.


Sementara itu Kepala Dinkes, dr. Faizah mengungkapkan, penyuluhan tentang penyakit Hipertensi ini sangat penting. Sehingga masyarakat mengetahui cara pencegahan dan penanganannya. 


“Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Kita berharap melalui kegiatan ini, dapat menambah wawasan masyarakat untuk melakukan upaya  pencegahan Hipertensi ini," sebutnya. (Indah,kmf).



Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »