PILIHAN REDAKSI

Dukung Ekonomi Warga, Babinramil 04 Sikakap Sambangi Pembuat Lobrik

INFO|MENTAWAI - Sebagai bentuk keseriusan dalam mendukung ekonomi warga binaan, Babinsa Koramil 04/Sikakap, Kodim 0319/Mentawai, Sertu Ange...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Meriahkan Puncak Hari Lansia, Hipertensi, Asma dan Hari Tanpa Tembakau, Puskesmas Gunung Gelar Berbagai Kegiatan




INFO|Padang Panjang - Puncak Hari Lansia, Hari Hipertensi se-Dunia, Hari Asma dan Hari Tanpa Tembakau digelar di Puskesmas Gunung, Senin (30/5/2022)


Berbagai kegiatan dilaksanakan guna memeriahkan acara tersebut. Di antaranya lomba senam lansia bersama Komunitas Senam Gembira (Komsenra), pemeriksaan kesehatan gratis, totok rokok, pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pameran produk pertanian organik.


Kepala Dinas Kesehatan, dr. Faizah menyampaikan, keempat peringatan hari-hari tersebut dikaitkan dengan Gerakan Kesehatan Masyarakat (Germas) yang merupakan usulan dari masyarakat termasuk dari Posyandu Lansia.


"Hal ini kita akomodir dan kita fasilitasi untuk dilaksanakan di puskesmas. Kegiatannya di antaranya pemeriksaan Penyakit Tidak Manular (PTM). Hari Rabu (25/5) lalu kita juga mengadakan seminar hipertensi, kemudian juga ada lomba ekspos kader posyandu lansia," ujarnya.


Ditambahkan Kepala Puskesmas Gunung, Widrayeni, SKM terkait peringatan Hari Hipertensi se-dunia, Puskesmas Gunung menggelar seminar dengan sasaran penderita hipertensi yang tidak berobat teratur berdasarkan pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).


"Kita juga mengadakan stand upaya berhenti merokok, pemeriksaan faktor risiko penyakit tidak menular, sekaligus edukasi bagi para pengunjung secara gratis," sebutnya.


Adapun pameran UMKM, ujar Widrayeni, digagas Komsenra bersama Disperdakop UKM. Kemudian pameran produk pertanian organik dibantu Dinas Pangan dan Pertanian. 


Sementara Camat Padang Panjang Timur (PPT), Drs. Asrul menyambut baik kegiatan ini.  Dia mengajak untuk selalu berperilaku hidup sehat. "Lakukanlah perilaku hidup sehat dengan ikhlas. Kesehatan itu mahal tidak bisa dibeli," tuturnya. 



Penulis : Indah,kmf

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »