PILIHAN REDAKSI

Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan 50 Kota

  Panwaslu50kota

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Manfaatkan Pekarangan, Tanami Tanaman Muda




INFO|MENTAWAI - Sebagai upaya peningkatan pemenuhan kebutuhan pokok  serta mewujudkan ketahanan pangan di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 03/Sipora melakukan penanaman cabe rawit.


Dimana usia cabe rawit yang di tanam saat ini sudah berusia satu bulan yang berada di lokasi pekarangan makodim 0319/Mentawai dan sudah memasuki tahap perawatan 


"Saat ini cabe rawit yang di tanam ini dalam tahap perawatan jelang menunggu panen" ucap Sertu Osten Sinaga, Sabtu (14/5/2022).


Tahap perawatan ini, kata dia tentu harus di lakukan pembersihan semak-semak yang berada di lingkaran tanaman cabe, sehingga tumbuhnya bagus dan hasilnya juga lebih baik, ujarnya.


Selain melakukan penyiangan, juga di perlukan pemupukan (sistim Cor) NPK dan Urea, agar tanaman lebih maksimal tumbuhnya, ujar osten.


Dia menyebut setelah di lakukan penanaman cabe rawit hingga panen nanti, di rencankan menanam bawang merah dengan sistim tumpang sari, namun saat ini masih dalam proses pembibitan.


Dalam mengembangkan pertanian di lingkungan pekarangan, selain menanam cabe rawit dan bawang merah, Osten Sinaga sebelumnya juga melakukan epmbudidayaan ikan nila sebanyak 600 ekor.


"Saat ini sudah berusia dua bulan. Proses pengembangannya kita selalu memperhatikan air kolam, sehingga ikan  nila tidak terkena penyakit yang mengakibatkan mati" sebutnya.


Pembudidayaan ikan nila ini menurut, Osten Sinaga tidak juga terlalu rumit, bahkan ikan nila ini juga banyak di sukai masyarakat.


Aktivitas tambahan dalam bidang pertanian dan peternakan ini selain memberikan edukasi kepada masyarakat juga sebagai tambahan penghasilan dan dia mengajak warga untuk memanfaatkan pekarangan untuk di tanami tanaman atau yang lainnya, pungkasnya.



Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »