PILIHAN REDAKSI

Perkuat Komunikasi, Dandim 0319 Mentawai Sharing Dengan Awak Media

INFO|MENTAWAI - Guna meningkatkan komunikasi dan sinergi yang baik, Dandim 0319/Mentawai, Letkol Inf Restu Petrus Simbolon silahturahmi ber...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Gerakan Literasi Anak, Kolong Rumah Bukit Surungan Jadi Tempat Taman Bacaan



INFO|Padang PanjangKolong Rumah Gadang di Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat itu, disulap menjadi taman bacaan. Oleh pemiliknya, lalu diberi nama Taman Baca Zahra (TbaZ).


Taman baca ini berdiri di bawah anjung atau kolong Rumah Gadang, yang sebelumnya merupakan gudang atau tempat untuk meletakkan kayu dan batu yang kemudian didesain lebih cantik dan nyaman untuk anak-anak.

TbaZ didirikan Afniwati (38), sejak April 2021 silam. Ini dilatari kondisi masyarakat terutama anak-anak usia sekolah dasar yang kini banyak dipengaruhi gadget. Di samping itu, minimnya budaya literasi masyarakat yang konsumtif menjadikan dasar terbentuknya TbaZ.

“Taman baca ini bertujuan agar penggunaan gadget tidak berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak, khususnya anak usia sekolah dasar. Karena masa-masa tersebut, seharusnya adalah masa seorang anak punya atau menghadapi tantangan baru, sehingga mereka bisa berbaur dengan lingkungan,” ulas Afniwati kepada media, sabtu (2/4/2022).

Kegiatan di Taman Baca Zahra diadakan setiap Senin sampai Kamis. Dimulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Tidak hanya fokus pada kegiatan literasi, anak-anak yang datang ke TbaZ juga diajarkan untuk mengaji, mengerjakan tugas sekolah yang kurang mereka pahami, bermain, serta banyak kegiatan seru lainnya yang dapat dilakukan di sini.

Sarana dan prasarana di tempat ini terdiri dari ruangan belajar, buku-buku, meja, lemari, jam dinding, dan papan tulis. Sedangkan untuk buku bacaan ada beragam. Seperti buku tema untuk anak sekolah dasar, buku cerita, buku agama, buku seni kreativitas, dan lain-lain. Buku-buku tersebut didapat dari buku milik pribadi, sumbangan mahasiswa, dan masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah, sambutan masyarakat dengan adanya Taman Baca Zahra sangat baik. Bahkan setiap ada kegiatan di sini, mereka pasti datang untuk berpartisipasi,” ungkapnya.

Afniwati berharap taman baca ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi warga masyarakat, terutama bagi anak-anak. (Vit/kmf).


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »