PILIHAN REDAKSI

Batalyon Wicaksana Laghawa Alumni Akpol 2002 Serahkan Bantuan Peduli Bencana

INFO|50 Kota - Beberapa hari yang lalu, Provinsi Sumatera Barat dirundung bencana banjir bandang (galodo) di sejumlah wilayah. Banjir banda...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Motivasi Pemuda Buat Alat Tangkap Jaring Ikan Untuk Penghasilan



INFO|MENTAWAIWarga yang tinggal di pesisir pantai aktivitas mereka rata-rata sebagai nelayan, bahkan dengan laut luas membentang banyak jenis ikan yang akan di tangkap untuk kebutuhan keluarga selain di pasarkan.


Seperti warga yang berada di muara sikabaluan mereka tinggal di pesisir pantai, namun dalam pemanfaatan laut masih di kategorikan kurang maksimal dan membutuhkan kreatifitas, karena menangkap ikan bukan hanya saja dengan cara di pancing, tapi bisa juga di jaring.


Sebagai motivasi, Babinsa 01/Sikabaluan Serda Muskhandar manfaatkan waktu sambangi salah satu warga yang biasa melaut dengan mengajak pemuda dan masyarakat yang belum miliki pekerjaan untuk belajar.

Pada kesempatan itu Serda Muskhandar sambil santai dan bercengkrama dengan seorang nelayan pengrajin jaring Bapak Enos Sakeletuk untuk memberikan sedikit ilmu dalam pembuatan jaring, agar pemuda dan warga termotivasi serta berkreatifitas untuk pergi melaut menggunakan alat tangkap jaring.

Menurut dia selama ini kebutuhan alat tangkap jaring ikan masih kekurangan, sehingga lebih banyak membeli yang siap jadi di luar daerah.

“Melihat kondisi seperti, saya memberikan masukan kepada masyarakat dan pemuda untuk berinovasi dalam meningkatkan pembuatan alat tangkap jaring tradisional” ucap Serda Muskhandar, Sabtu (5/2/2022).

Masukan yang di sampaikan ini, agar kebutuhan alat tangkap jaring di daerah wilayah binaannya mencukupi, sehingga permintaan dari para nelayan tidak kekurangan.

Dengan menggiatkan aktivitas pembuatan alat tangkap jaring ini, secara tidak langsung ekonomi masyarakat meningkat serta kebutuhan nelayan juga mencukupi saat pergi melaut.

“Solusi dan masukan ini setidaknya dapat mengurangi pengangguran di wilayah teritorial Koramil 01/Sikabaluan” ucapnya mengakhiri.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »