PILIHAN REDAKSI

Sharing Bersama Kadus, Babinramil 01 Sikabaluan Bahas Peningkatan Ekonomi Warga

INFO|MENTAWAI - Aktivitas pemberdayaan kepada masyarakat menjadi sebuah kegiatan rutinitas yang di lakukan aparat teritorial yang berada di...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Membangun Masyarakat Digital, "Kick Off" Pembangunan Telkom Tuapeijat-Sioban di Mulai



INFO|MENTAWAI - Dengan di mulai pembangunan pemasangan kabel optik jaringan internet Tuapeijat-Sioban akan memberikan kemudahan bagi masyarakat termasuk di kalangan bisnis dalam akses teknologi informasi.


Dalam mendukung percepatan pembangunan tersebut, Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake launching "Kick Off" pembangunan telkom Tuapeijat-Sioban. Telkom sipulelek untuk mentawai sipulelek, mentawai adalah milik kita bersama bangsa indonesia.


General Manager (GM) Telkom Witel Sumbar Alfi Sumarta mengatakan, pengembangan teknologi informasi di mentawai ini di awali dengan pembangunan jaringan kabel optik laut antara padang-tuapeijat.


Kemudian tahun 2021 dalam upaya meningkatkan kapasitas alat produktifitas teknologi informasi di tuapeijat. Tantangannya bagaimana mengisi kapasitas dari kabel laut itu bisa di pakai secara maksimal.


"Sekarang ini kita mengembangkan jaringan kabel optik dari Tuapeijat-Sioban yang dapat di lalui daerah-daerah yang belum tersentuh termasuk di bandara nantinya akan kita layani" sebut Alfi kepada media, Jumat (4/2/2022).


Nantinya akan ada pemasangan hotspot internet yang dapat di manfaatkan masyarakat dan pemasangan selanjutnya layanan komunikasi di pulau pagai dan utara, sebutnya.


"Ini salah satu progres yang di rencanakan dalam membentuk kekuatan jaringan ketika pembangunan sudah sampai ke sioban dan akan diteruskan ke katiet, sehingga nantinya bisa memberikan pelayanan di daerah pulau pagai" katanya lagi.


Sementara di tuapeijat sendiri, sebut Alfi akan melayani secara radio IT dapat di akses sampai pulau siberut, tapi pihaknya belum puas sampai disana, karena dukungan dari pemkab mentawai sangat besar.


Selain itu, pihaknya juga ingin melakukan breaking atau peningkatan kapasitas kabel laut yang bisa mencakup pulau siberut dan pulau pagai, ujarnya.


"Rencana ini akan butuh waktu, karena kita perlu melihat kondisi kontur dasar laut pulau siberut dan pulau pagai dan ini langkah maju yang kita lakukan untuk mentawai" ucapnya mengakhiri.


 

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »