PILIHAN REDAKSI

Aksi Heroik Babinsa Sertu Agung Evakuasi Warga dan Ternak Dari Terjangan Banjir

  INFO|Lima Puluh Kota - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Nagari Batu Payung, Sertu Agung personil Koramil 04 Luak menunjukkan aksi heroiknya...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Semiloka DPRD Kota Padang 2022:Optimalisasi Peran DPRD Dalam Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah





INFONUSANTARA.NET  - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang laksanakan kegiatan Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Tahun Anggaran 2022 dalam rangka pengembangan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang.


Tujuan pelaksanaan semiloka khususnya guna meningkatkan dan mengoptimalkan profesionalisme pimpinan dan anggota DPRD dalam pelaksanaan fungsi perencanaan dan pengawasan serta tugas dan wewenang DPRD lainnya.


Dalam rapat Bamus DPRD Padang pada 30 Desember 2021 lalu telah disepakati agenda atau jadwal kegiatan seminar dan lokakarya pimpinan dan anggota DPRD dilaksanakan pada 30 Januari s/d 03 Februari 2022 sebagai bagian dari pengembangan kapasitas legislatif di Kota Padang yang dilaksanakan di Hotel Grand Rocky Bukittinggi.



Sekretaris Dewan Hendrizal Azhar dalam laporannya menyampaikan berdasarkan UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan UU No 9 Tahun 2015 menegaskan bahwa pemerintahan daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi yang seluas luasnya dalam sistem dan prinsip NKRI sebagaimana dimaksud dalam UU negara RI tahun 1945.


"Metode pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan semiloka antara lain, presentasi dan tanya jawab. Dan tema pada semiloka kali ini adalah Optimalisasi peran DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah," pungkasnya.


"Pimpinan DPRD Kota Padang melalui wakil ketua DPRD Arnedi Yarmen dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan reses yang baru saja dilaksanakan oleh anggota DPRD Kota Padang beberapa waktu di dapil masing - masing,sangat relevan dengan pelaksanaan semiloka ini," ujarnya.


Dimana dalam pelaksanaan reses masing-masing anggota DPRD menerima masukan/usulan pembangunan yang nantinya akan menjadi muatan dalam penyusunan perencanaan pembangunan dan evaluasi dari kinerja pembangunan daerah.


"Berangkat dari hal tersebut diatas dan supaya peran serta DPRD dalam perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan daerah,maka diadakan kegiatan semiloka ini," sebutnya.


"Sebagai pimpinan DPRD Kota Padang, kami juga berharap kepada peserta kegiatan seminar dan lokakarya pendalaman tugas ini,agar dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan sampai selesai hingga akan memberi arti bagi peserta guna peningkatan profesionalisme dan kinerja kita dalam melaksanakan tugas- tugas sebagai anggota DPRD Kota Padang,"pungkasnya.


Walikota Padang melalui Pj Sekda Fitriati,M.SSi,MSi pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan seminar dan lokakarya DPRD Kota Padang pada tahun 2022 ini yang dilaksanakan di hotel Grand Rocky Bukittinggi.


Lebih lanjut dalam sambutannya mengatakan,dari pelaksanaan semiloka ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pimpinan dan anggota dalam menjalankan tugas,fungsi dan wewenang dalam pembuatan peraturan daerah, anggaran dan pengawasan.


Disamping itu karena pada tahun 2022 ini adalah tahun ketiga pada periode pemerintahan Kota Padang yang sedang berjalan saat ini (periode tahun 2019 - 2024), sehingga peran perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan dan evaluasi atas pelaksanaan pembangunan tersebut telah dapat kita lakukan secara utuh dan komprehensif,baik dari eksekutif mau legislatif.


Memadupadankan fungsi perencanaan pembangunan, pelaksanaan pembangunan dan evaluasi hasil pelaksanaan pembangunan, merupakan tugas dan kewajiban dari suatu pemerintahan daerah.


Pemerintah Kota Padang bersama dengan DPRD Kota Padang,sudah dan akan selalu bersinergi dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Kota Padang pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.


"Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan seminar dan lokakarya pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang tahun 2022 secara resmi kami nyatakan dibuka,"tutupnya.(inf)



Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »