PILIHAN REDAKSI

17 Calon Panwaslu Kecamatan di Mentawai Ikuti Tes Wawancara

INFO|MENTAWAI - Sebanyak 17 orang anggota calon Pengawas pemilu Kecamatan ikuti tes wawancara untuk pemilihan umum kepala daerah 2024, sete...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pengrajin Tradisional "Lulak" Inovasi Babinsa Sikakap Agar Nilai Jual Lebih Bagus



INFO|SIKAKAPUntuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Babinsa Koramil 04/Sikakap, Kodim 0319/Mentawai memberikan Inovasi kepada pengrajin tradisional, Rabu (5/1/2022).


Inovasi yang di berikan babinsa kepada pengrajin tradisional ini berupa tempat makanan seperti keladi dan pisang, bahasa mentawainya disebut (Lulak) supaya hasil produknya mendapatkan harga jual yang bagus.

Danramil 04/Sikakap, Kapten.inf.Putra Irawan Damanik menyebut, kegiatan babinsa dalam memberikan inovasi kepada pengrajin tradisional ini di rumah salah satu warga Firman Saleleubaja di Dusun Sibai-bai, Desa Sikakap.

Inovasi yang di berikan babinsa kepada pengrajin tradisional itu dalam membuat produk yang akan di pasarkan harus di perhatikan bahan yang di gunakan agar hasilnya lebih bagus.

Tentu dalam memilih bahan baku pembuatan ‘lulak’ tempat penumbuk makanan ciri khas mentawai harus memilih kayu yang bagus, berikutnya kerapian dan kecepatan membuat dan memberi variasi agar ada penarik bagi konsumen, ujarnya.

Dalam hal ini, kata Danramil dengan lebih banyak masyarakat berkarya dan inovatif dalam menambah inkam keluarga, tentu dalam kondisi pandemi saat ini sangat membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

Maka, peran Babinsa terhadap warga binaannya tak bosan-bosan untuk memberikan pemberdayaan dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berada diwilayahnya.

Selain itu terus memberikan edukasi kepada masyarakat, melaksanakan komsos, memotivasi para petani agar hasil pertanian meningkat dan menjaga ketahanan pangan di masa Pandemi, ujarnya.

“Kita berharap hasil karya masyarakat yang inovatif ini memberikan peluang besar untuk bisa di pasarkan secara global baik di tingkat daerah maupun di luar daerah nantinya” harap Danramil.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »