PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Jadikan Sumber Penghasilan, Babinsa Siberut Ajak Pemuda Manfaatkan Kayu di Hutan Untuk Kayu Bakar



INFO|MENTAWAI Begitu banyak potensi alam yang bisa kita manfaatkan, tidak hanya tanaman yang tumbuh di alam bahkan tanaman yang sudah mati pun dapat di manfaatkan untuk di jadikan sumber penghasilan.


Agar bisa dijadikan sebagai penghasilan, Babinsa Koramil 02/Siberut, Kodim 0319/Mentawai, Serka Sopiandi mengajak masyarakat dan pemuda manfaatkan kayu yang sudah mati di hutan untuk di jadikan kayu bakar.

“Kayu yang berada di hutan ini, kita mengajak masyarakat dan pemuda, agar bisa di jadikan penghasilan yang bisa di jual kepada penampung kayu bakar” ucap Serka Sopiandi.

Nah kayu yang di ambil ini, kata dia kayu yang sudah kering seperti ranting kayu atau kayu yang sudah mati dan di kumpulkan agar bisa di jual ke penampung kayu bakar.

Pada umumnya masih banyak masyarakat menggunakan kayu bakar untuk memasak seperti kedai nasi yang ada di muara siberut, kalau kedai itu kaapasitas besar tentu membutuhkan kayu bakar yang banyak.

Maka dari itu, Serka Sopiandi berinisiatif mengajak masyarakat dan pemuda untuk memanfaatkan kayu yang sudah mati di hutan untuk di kumpulkan di keringkan lalu di jual ketempat penampung kayu bakar.

“Setidaknya kayu bakar yang di kumpulkan ini bisa menghasilkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”ujarnya.

Kayu bakar ini banyak kegunaannya salah satunya kebutuhan memasak dan juga bisa di jual ketempat pengusaha kecil seperti kedai nasi dan sebagainya.

Pada prinsipnya kebutuhan kayu bakar di wilayahnya itu sangat banyak yang membutuhkan selain kepada pengusaha kecil seperti kedai nasi bisa juga untuk kebutuhan masak di rumah tangga.

Jadi, kita mengajak masyarakat dan pemuda ini bagi yang tidak memiliki sama sekali penghasilan tetap agar bisa memanfaatkan potensi kayu bakar untuk di jadikan penghasilan.

Hal yang di lakukan ini guna menambah pemasukan yang dapat menunjang perekonomian masyarakat yang belum memiliki pekerjaan di wilayah Koramil 02/Siberut Kodim 0319/Mentawai, pungkasnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »