PILIHAN REDAKSI

Aksi Heroik Babinsa Sertu Agung Evakuasi Warga dan Ternak Dari Terjangan Banjir

  INFO|Lima Puluh Kota - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Nagari Batu Payung, Sertu Agung personil Koramil 04 Luak menunjukkan aksi heroiknya...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Peningkatan Jalan Homestay-SP II Sipora Utara Selesai 23 Desember 2021

INFO|MENTAWAIPeningkatan jalan homestay-SP II yang bersumber anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 yang di kerjakan PT.Arupadatu Adisesanti hampir mendekati penyelesaian.


Dalam pelaksanaan peningkatan jalan ini nilai kontraknya Rp. 7.764.800 miliar, nomor kontrak 620/07/SP-PJHS/DPUR tanggal 12-07-2021 dan surat perintah mulai kerja (SPMK) nomor : 620/010/SPMK-PJHS/DPUR tanggal 26-07-2021.

Untuk waktu pelaksanaan pekerjaaan selama 150 hari kalender dengan Konsultan pengawas dari PT.Wandra Cipta Enginering. Sedangkan target pembangunannya 1,990 KM.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Mentawai, Asril menyebut peningkatan jalan homestay-SP II ini kontruksinya lapis fondasi Base-B dan pengerasan beton semen dengan lebar 4,5 sedangkan tebalnya 16 cm.

“Realisasi pembanguan saat ini dalam konsep rencana 55,83 persen, sedangkan realisasi 51,23 persen dan terlambat 4,60 persen” sebut Asril saat peninjauan peningkatan jalan homestay-SP II di lokasi, Selasa (9/11/2021).

Lebih lanjut di katakan, peninjauan peningkatan jalan yang berada di lokasi homestay-SP II, untuk hasil pekerjaan hingga saat ini sudah selesai sepanjang 1,350 meter.

Jadi, pekerjaan peningkatan jalan dan pengerasan beton semen ada sekitar 600 meter lagi yang harus di tuntaskan pihak perusahaan dengan sisa waktu 43 hari lagi.

Melihat hasil dari pekerjaan yang di lakukan PT.Arupadatu Adisesanti ini, menurut hemat Kabid Bina Marga dapat terselesaikan dengan waktu yang telah di tentukan.

“Prinsipnya kita optimis pekerjaan peningkatan jalan Homestay-SP II kecamatan sipora utara dapat diselesaikan hingga 23 Desember 2021 ini” kata Asril.

Dari peninjauan yang di lakukan di lokasi, Asril menyebut bahan material pekerjaan sudah cukup tersedia hingga sampai akhir waktu kontrak, sedangkan pembangunan jalan kontruksinya beton di laksanakan dengan readymix produk bacthing plant, tuturnya.

Disisi lain, meski saat ini kondisi cuaca tak menentu dan ekstrim yang di barengi hujan, ini juga menjadi kendala karena faktor alam, akan tetapi dengan waktu yang tersisa 43 hari lagi, pihaknya menyakini pekerjaan peningkatan jalan ini bisa selesai.

Dia mengatakan, adanya program peningkatan jalan homestay-SP II tahun anggaran 2021 yang bersumber dari DAK, jalan ini nantinya berdampak kepada masyarakat dalam peningkatan perekenomian.

Selain itu fungsi jalan yang di bangun ini, juga menunjang akses pariwisata, kemudian sebagai jalan strategis menuju kantor Camat yang nantinya akan menjadi jalan penghubung dari kantor Camat sipora utara ke RSUD Mentawai, ujarnya.


Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »