PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Kunjungi Bandara Rokot Sipora, Menhub Budi Karya Sumadi Bertekad Bangun Konektivitas di Wilayah Daerah Pulau Terluar Mentawai


INFO|MENTAWAI Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya bertekad untuk membangun konektivitas di wilayah daerah terluar. Salah satunya Kabupaten Kepulauan Mentawai sesuai perintah Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.


“Ini dilakukan untuk mendukung Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Itu dibuktikan dengan banyaknya kegiatan wisatawan asing berkunjung ke Mentawai”ucap Budi Karya Sumadi saat kunjungi Bandara Udara Rokot Sipora, Sabtu (20/11/2021). 

Dalam kesempatan itu menteri Perhubungan RI juga memberikan motivasi terhadap kerjasama Gubernur Sumbar dan Bupati Mentawai dalam mewujudkan pembangunan di Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

“Kekompakan dan kerjasama ini juga mendukung penyelesaian bandara ini, kita rencanakan selesai bulan agustus 2022 mendatang” harapnya

Untuk mempercepat pembangunan bamdara rokot, Menteri Perhubungan mengintruksikan pihak pelaksana proyek agar menambah peralatan dan pekerja. Sehingga kesiapan pekerjaan agar lebih cepat.

Menteri Perhubungan berencana, setelah pengerjaan Bandara Rokot selesai, akan mengundang Presiden RI ke Bandara Rokot. Apalagi bandara rokot telah didukung dengan pembangunan jalan Trans Mentawai di Pulau Sipora, imbuhnya.

Ia juga merespon permintaan Bupati Mentawai tentang pembangunan sarana dan prasarana penghubung disetiap Pulau Besar di Mentawai seperti, Pulau Siberut ke Sipora, Pulau Sipora ke Pulau Pagai.

“Nanti kita anggarkan pada tahun 2023 mendatang, Ini semua di latar belakangi kebutuhan Masyarakat dan Wisatawan di Mentawai, maka perlu kita respon dengan baik, “Semoga kedepan Mentawai lebih baik dan maju,” ucap dia

Selain itu di akhir smabutam Menteri Perhubungan Juga mengaprsesiasi Forkopimda Mentawai dalam pengamanan pembangunan bandara rokot sipora agar segera cepat selesai tanpa ada kendala.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy juga mengucapkan rasa suka citanya atas kunker Menteri ke Provinsi Sumbar khususnya ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Dari total 16 Menteri, bapak Menteri yang baru datang ke Mentawai,” ucap Audy.

Selama perjalanan ke Mentawai menggunakan Helikopter, Wagub Sumbar itu menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan berkeinginan agar Bandara Rokot di Mentawai cepat selesai dari rencana sebelumnya.

Dikatakannya, upaya itu sangat membantu sebagaimana Background Mentawai adalah Pariwisata. Artinya selama ini ekonomi Masyarakat bergantung kepada Wisatawan.

“Insya Alllah, Agustus selesai, kalau bisa kita adakan upacara bendera disini pak Bupati, kita optimis untuk bangkit,” ucapnya

Disampaikannya, Provinsi Sumbar saat ini telah memiliki transportasi yang terimigrasi. Pasalnya, Bandara Internasional Minangkabau telah bisa diakses oleh alat transportasi kereta api.

“Jadi ada rencana kita untuk mengaktifkan jalur kereta api dari Bandara Minangkabau langsung menuju ke Pelabuhan Muaro Padang, untuk naik kapal ke Mentawai,” tuturnya

Audy Joinaldy menjelaskan saat ini, transportasi udara, darat dan laut di Sumbar sudah mulai terintegrasi.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet pada sambutannya mengakui bahwa ini adalah sejarah baru bagi Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dimana, baru pertama kali Menteri RI ke Mentawai.

“Dengan perhatian bapak Presiden dan bapak Menteri kami optimis ke depan untuk lepas dari status 3T, kuncinya ada disini (Bandara),” ujarnya.

Menurutnya, dengan program trans Mentawai sebagai penghubung antar pulau di Mentawai. Tetapi masih terbatas oleh kondisi antara pulau satu ke pulau yang lain.

Melalui itu pihaknya bertekad untuk kedepan menghubungkan antar pulau tersebut yang sentralnya berada di Bandara Rokot.

Ia mengatakan, Mentawai merupakan satu-satunya daerah 3T di Provinsi Sumatera Barat. Maka melalui itu, pihaknya bersama Gubernur Sumbar untuk melespaskan status 3T tersebut.

Menurut Yudas kedatangan Menteri Perhubungan RI itu merupakan berkah bagi Mentawai. Meski sebelumnya Dirgen Perhubungan telah Kunker ke Mentawai dalam memperkuat barisan dalam menyelesaikan Bandara Rokot.

“Ada satu kekwatiran kami dulu, apabila tidak sesui proyeksi, anggaran ini akan berpindah ke tempat lain,” tambah Yudas.

Diakhir sambutannya, Bupati Mentawai menyampaikan salam kepada Jajaran Kementrian Perhubungan RI, terkhusus kepada Bapak Presiden RI, Joko Widodo.

“Terima kasih telah memberi dukungan terhadap kami, untuk Trans Mentawai sejak pak Jokowi jadi Presiden pada tahun 2014,” tutup Yudas Sabaggalet, Bupati Mentawai itu.

Sebelumnya Bupati Mentawai dan Jajaran membawa rombongan untuk meninjau pembangunan di area Bandara Rokot yang tengah di kerjakan, (H. Sihombing).


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »