PILIHAN REDAKSI

Sering Tergenang Air, Warga Pakan Rabaa Mengeluh Pemkab Tak Bangun Drainase

INFO|Limapuluh Kota - Warga Pakan Rabaa, Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota  berharap Pemerintah d...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Koramil Sikakap Olah Limbah Sampah Jadi Pupuk Organik Untuk Membantu Masyarakat


INFO|SIKAKAPMelestarikan lingkungan tidak hanya dilakukan dengan cara merawat sumber daya alam yang ada. Melakukan perilaku terpuji ini bisa diwujudkan dengan cara memanfaatkan sampah yang ada di rumah.


Seperti diketahui, sampah rumah tangga terdiri atas dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah non-organik.

Sampah organik adalah sampah rumah tangga yang berupa sisa makanan seperti sayuran atau buah-buahan. Selain itu, bisa juga berupa bumbu dapur yang sudah tidak terpakai ataupun dedaunan yang rontok.

Sementara sampah non-organik adalah sampah yang tidak bisa diolah menjadi Pupuk kompos, yaitu perkakas elektronik.

Nah, untuk membantu meringankan masyarakat dalam bercocok tanam, Koramil 04/Sikakap menginisiasi dengan membuat inovasi manfaatkan limbah sampah menjadi pupuk organik untuk penyubur tanah.

“Pembuatan pupuk ini merupakan exsperimen manfaatkan sampah menjadi pupuk organik yang dapat di gunakan masyarakat nantinya” ucap Danramil 04/Sikakap, Kapten.Inf.Putra Irawan Damanik, Kamis (25/11/2021). 

Dia mengatakan, inovasi pembuatan pupuk ini, selain meringankan masyarakat di bidang pertanian juga bisa mengurangi penumpukan sampah organik dan menciptakan lingkungan bersih dan Asri.

Dewasa ini, tidak dapat dimungkiri lagi bahwa sampah rumah tangga termasuk ke dalam masalah yang belum terselesaikan secara efektif. Akan tetapi bagaimana memanfaatkan sampah menjadi pupuk serta mengurangi pengeluaran untuk pembelian pupuk pabrik.

Pupuk yang diolah dari bahan baku sampah menjadi pupuk organik ini sangat mudah di olah untuk di jadikan sebagai penyubur tanah, sehingga tanaman pun jadi subur serta menghasilkan yang lebih maksimal, tuturnya.

“Prinsipnya solusi agar sampah bisa termanfaatkan dan tidak di buang begitu saja yang akan merusak lingkungan, sangat perlu diolah menjadi pupuk, bahkan bisa dilakukan semua orang” kata dia.

Ditambahkan, sampah-sampah organik rumah tangga sebenarnya memiliki nilai guna yang tinggi. Sampah organik di rumah nyatanya bermanfaat untuk keperluan tertentu, yaitu sebagai bahan pembuatan pupuk kompos untuk kebutuhan tanaman.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »