PILIHAN REDAKSI

BNNK Payakumbuh Terus Dorong Kesadaran Korban Penyalhgunaan Untuk di Rehabilitasi

  INFO|Payakumbuh - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh terus mendorong kesadaran korban penyalahgunaan Narkoba, baik jenis gan...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Babinsa Sikakap Motivasi Masyarakat Manfaatkan Akar Bahar Sebagai Penambah Penghasilan


INFO|SIKAKAP - Akar bahar sebenarnya terbuat dari hewan laut yang termasuk ke dalam keluarga Anthoza, yaitu hewan yang tidak memiliki tulang belakang.


Akar bahar adalah salah satu hewan laut yang bentuknya menyerupai tumbuhan dan hidup di dasar laut. Di tengah masyarakat, akar bahar sangat populer untuk bahan aksesories atau sebagai cinderamata.

Jenis-jenis akar bahar dikenal sesuai dengan bentuk fisiknya. Namun, secara umum, masyarakat lebih suka mengelompokkan menjadi 3 jenis akar bahar, yakni akar bahar hitam, akar bahar merah dan akar bahar putih.

Dari ketiga jenis ini, akar bahar hitam yang lebih mudah di temukan. Khasiat akar bahar sebagai aksesoris dapat dijadikan sebagai gelang, cincin dan sebagainya.

Dimasa pandemi saat ini, Babinsa
Koramil 04/Sikakap melakukan giat inovatif kepada masyarakat memanfaatkan akar bahar menjadi penghasilan tambahan.

Kegiatan inovatif yang dilakukan babinsa sikakap ini bertempat disalah satu rumah warga bernama Piren warga Desa Sikakap Tengah, Kecamatan Sikakap, Minggu (28/11/2021).

Danramil 04/Sikakap, Kapten.Inf.Putra Irawan Damanik melalui Babinsa menyebut, sumber akar bahar ini bisa didapatkan saat masyarakat nelayan mencari ikan dengan cara menyelam saat mencari ikan.

`Akar bahar ini bisa ditemukan nelayan saat menyelam ke laut hendak mencari ikan dan akar bahar di olah menjadi berbagai aksesories`ucap Danramil.

Selain mencari ikan akar bahar ini juga bisa menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat dengan memanfaatkan akar bahar sebagi kerajinan tangan, ujarnya.

Menurutnya, pembuatan kerajinan tangan bahan baku dari akar bahar Laut ini cukup mudah dan hanya perlu kesabaran saja, karena pembuatannya melalui pembakaran dengan menggunakan api kompor atau lilin.

`Semoga semakin berkembang penghasilan masyarakat dengan manfaatkan tumbuhan laut seperti akar bahar menjadi tambahan penghasilan, bahkan banyak pemintanya`tukasnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »