PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

1 Tahun Tidak Berfungsi, Babinsa 03 Sipora Goro Bersama Warga Bersihkan Saluran Irigasi Pertanian


INFO|MENTAWAIAgar tidak terhambat melakukan aktivitas di lokasi persawahan, sangat penting di lakukan pembersihan rutin irigasi supaya lancar aliran air kesawah.


Seperti yang du lakukan Babinsa Koramil 03/Sipora Desa Goiso’oinan bersama perangkat desa dan masyarakat untuk melaksanakan gotong royong bersama membersihkan irigasi pertanian, Selasa 16 November 2021.

“Hari ini personel kita ikut goro bersama masyarakat untuk membersihkan irigasi pertanian kelompok tani Arau di lokasi persawahan pujujurung Desa Goiso’oinan” sebut Danramil 03/Sipora, Lettu.Inf.Herizal.

Sebelum di laksanakan goro bersama, pihaknya bersama aparatur pemerintah desa telah melakukan peninjauan lokasi untuk sasaran pembersihan, ujarnya.

“Irigasi pertanian ini sudah 1 tahun tidak berfungsi akibat pipa penyaluran patah tertimpah kayu tumbang” ucap Sertu Osten Sinaga

Dampak dari irigasi tidak jalan, air tidak sampai kesawah, dalam hal ini hasil sawah masyarakat tidak terlalu maksimal.

Dia menyebut pada 29 Oktober 2021 lalu bersama aparatur pemerintahan desa goiso’oinan merencanakan untuk melaksanakan goro bersama membersihkan irigasi pertanian di areal pertanian pujujurung sepanjang 300 meter, agar petani bisa bercocok tanam.

Rencana bulan kemaren, hari ini kegiatan gotong royong bersama bisa dilaksanakan untuk mengaktifkan kembali fungsi irigasi sebagai mana mestinya, agar dapat mengairi persawahan warga supaya nantinya mendapatkan hasil panen yang lebih maksimal,” ungkapnya

Selain itu,  goro bersama dilanjutkan pembersihan bak penampungan air di sumber air terjun pujujurung untuk penyambungan pipa irigasi yang patah. Kegiatan ini akan di lanjutkan besok, sebut Osten Sinaga.

Kepala Dusun Kaliou, Susel menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Babinsa Koramil 03/Pulau Sipora, Desa Goiso’oinan, Sertu Osten Sinaga yang telah mengkordinir pelaksanaan gotong royong pembersihan irigasi pertanian di  areal pertanian pujujurung desa goiso’oinan.

“Semoga lanjutan goro bersama untuk hari esok dapat berjalan dengan lancar, sehingga irigasi dapat mengairi sawah masyarakat dan mendapatkan hasil panen maksimal” harap Susel.

Kegiatan Goro bersama ini selain di motori Babinsa Koramil 03/Pulau Sipora Desa Goiso’oinan juga di ikuti Para Kepala Dusun Desa Goiso’oinan, Ketua Kelompok Tani Arau, beserta warga Desa Goiso’oinan, (H. Sihombing).


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »