PILIHAN REDAKSI

Buron Sejak 2023, Pelaku Curanmor di Payakumbuh Ditangkap di Agam

INFO|Payakumbuh - Tim Buser Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil meringkus tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor di Payakumbuh, s...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Menuju Herd Immunity, Bhabinkamtibmas Desa Saliguma Edukasi Pelajar SMAN 1 Siberut Tengah

INFONUSANTARA.NETBhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) merupakan petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Dalam tugas kesehariannya selain bermitra dengan masyarakat, bhabinkamtibmas juga turut ikut mendukung kemajuan daerah sesuai tempat tugas wilayahnya masing-masing.

Namun kali ini di tengah pandemi covid-19, bhabinkamtibmas Desa Saliguma, polsek siberut, Briptu Albertus Silok memberikan sosialisasi dan edukasi terkait protokol kesehatan serta vaksinasi kepada pelajar SMAN 1 Siberut Tengah saibi samukop.

“Edukasi terkait dengan vaksin ini sebagai upaya kita bersama-sama untuk mengendalikan penyebaran covid-19, mengingat peserta didik sudah mulai melakukan proses pembelajaran tatap muka meski masih terbatas” ucapnya di ruangan sekolah SMAN 1 Siberut Tengah, Rabu (29/9/2021). 

Dia menyebut, manfaat vaksin Covid-19 penting untuk dipahami betul-betul guna melawan keraguan. Nah, Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia masih berlangsung hingga saat ini.

Pemahaman Soal Vaksin Kepada Pelajar

Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

Oleh sebab itu, kata dia meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona.

“Jadi, dengan mengikuti vaksinasi Covid-19 bisa mencegah kita dan menyebarkan virus corona ke orang lain” ujarnya.

Dia menyampaikan, jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity), maka untuk aman dalam beraktivitas sangat perlu mengikuti vaksinasi.

Terpisah, Kapolres Mentawai, AKBP.Mu’at, SH,MM menyampaikan apresiasi kepada bhabinkamtibmas desa saliguma yang telah memberikan sosialisasi dan edukasi terkait prokes dan vaksin kepada pelajar.

“Kita berharap dengan peran bhabinkamtibmas yang berada di setiap wilayah dapat memberikan terbaik kepada masyarakat terutama soal vaksinasi dalam rangka penanganan covid-19′” ucapnya.

Dia menyampaikan, sepanjang masih berlangsung wabah pandemi, pihaknya tak henti-henti mengajak masyarakat untuk bersama-sama melindungi diri dengan cara mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

“Prinsipnya agar tidak meningkat kasus covid-19 sangat di perlukan kesadaran kita bersama untuk mematuhi prokes serta mengikuti vaksinasi” pungkasnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »