PILIHAN REDAKSI

Perkuat Komunikasi, Dandim 0319 Mentawai Sharing Dengan Awak Media

INFO|MENTAWAI - Guna meningkatkan komunikasi dan sinergi yang baik, Dandim 0319/Mentawai, Letkol Inf Restu Petrus Simbolon silahturahmi ber...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Inisiasi Pelaksanaan Vaksinasi Massal Gratis,Wahyu IP: Vaksin Itu Penting untuk Herd Immunity

Inisiasi Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Massal Gratis,Wahyu IP: Vaksin Itu Penting untuk Herd Immunity.

INFONUSANTARA.NET -- Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Sumbar, H Wahyu Iramana Putra menggelar vaksinasi Covid-19 massal secara gratis untuk mempercepat kekebalan komunal (herd immunity) di Taman Pucuk Merah Kafe, Gunung Pangilun, Padang, Senin (16/8) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Wahyu mengatakan dirinya merasa tergerak untuk menginisiasi pelaksanaan vaksinasi massal tersebut, melihat masih rendahnya jumlah warga yang mendapat vaksin saat ini.

“Kita cukup iri melihat di televisi pertandingan sepakbola di Inggris atau Spanyol, dimana stadion penuh, penonton sudah bisa bebas menyaksikan pertandingan tanpa takut lagi. Itu karena lebih dari 80 persen warganya sudah mendapat vaksin, sementara kita masih sangat minim,” katanya.

Dia katakan, minimnya masyarakat yang divaksin, karena banyaknya beredar berita bohong atau hoaks yang tidak benar terkait vaksin ini. Sehingga banyak masyarakat yang takut divaksin, karena terpengaruh berita-berita tersebut.

“Untuk itu, kita imbau, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat untuk turut membantu sosialisasi kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman, halal dan berkualitas. Dengan divaksin, akan menumbuhkan imun tubuh terhadap serangan virus,” katanya. 

Ditambahkan, program vaksinasi ini perlu digenjot dan didukung bersama agar secepatnya masyarakat mendapat vaksin dan kekebalan bersama (herd immunity) itu bisa dicapai.

Perlunya secara bersama untuk kita genjot program vaksinasi massal gratis  ini, sudah tentunya akan semakin cepat pula kita kembali pada kehidupan new normal, melakukan aktivitas seperti biasanya dan ekonomi masyarakat tentu akan kembali membaik.

Terkait program vaksinasi yang digelar itu, Wahyu mengatakan targetnya hanya 120 orang saja. “Namun sebentar saja dibuka pendaftaran, sudah 170 orang yang mendaftar. 

"Kita sudah berkoordinasi dengan Puskesmas Alai untuk bisa melayani semua warga yang sudah mendaftar. Kami juga siap menggelar vaksinasi ini secara kontiniu di Taman Pucuk Merah Kafe ini,” katanya.

Sementara Camat Padang Utara, Fajar Sukma mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi massal tersebut di wilayahnya. Menurutnya, capaian vaksinasi di Padang Utara masih sangat rendah. 

“Dari 70 ribu lebih penduduk Padang Utara yang terdiri dari 50 persen lebih lansia. Sementara yang mendapat vaksin dari 70 ribu itu, baru sekitar 15 ribuan. Jadi ini perlu dipacu lagi kesadaran untuk vaksinasi masyarakat ini,” katanya.

Kepala Puskesmas Alai menyatakan, pihaknya siap melayani vaksinasi bagi masyarakat kapan saja. 

“Kita sangat support pelaksanaan vaksinasi seperti ini. Bahkan bila perlu dilaksanakan lebih sering oleh komunitas-komunitas lain seperti di mall, kafe dan tempat lain yang mudah dijangkau masyarakat, sehingga target vaksinasi kita isa lebih cepat dicapai,” katanya.(mbbg)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »