PILIHAN REDAKSI

Bupati Sijunjung Beserta Jajarannya Sambut Kunjungan Rombongan Dari Menko PMK Prof Dr Muhadjir

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, sambut kedatangan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), yang juga Ketua...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Harapkan Perubahan Nagari, AM.Dt.Rangkayo Basa di Percaya Pimpin Ketua KAN Lubuk Alung

INFONUSANTARA.NETMelalui  perjuangan yang tidak kenal lelah dari beberapa orang ninik mamak lubuk alung, akhirnya terpilih AM.Dt.Rangkayo Basa sebagai Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Alung.

Kebersamaan untuk memilih orang yang tepat memimpin KAN ini agar kedepan adanya perubahan di nagari, tatanan adat kembali seperti dulu lagi dan di segani banyak orang.

Selain itu bagaimana kemenakan patuh ke mamak dan mamak menjaga sanak kemenakan seperti kata pepatah “anak dipangku kemenakan di bimbiang urang kampuang di patengangkan.

“Alhamdulillah kerja keras itu terbayar dan direstui oleh Allah SWT dengan terpilihnya Ketua Lubuk Alung yang baru AM DT.Rangkayo Basa dari suku Koto pada pemilihan KAN yang bertempat di Mesjid Ampek Lingkuang, Singguliang, Lubuk Alung, Rabu (4/8/21).

Dalam proses pemilihan ada tiga calon kandidat maju sebagai  Ketua KAN, yaitu AM. DT.Rangkayo basa (koto), DT.Rajo Basa (koto) dan HS. DT. Rangkayo Basa (jambak).

Ditengah jalan dua orang kandidat mengundurkan diri yaitu Dt.Rajo Basa dan HS.DT.Rangkayo Basa dengan alasan yang logis dan dapat diterima oleh forum peserta rapat.

Otomatis tinggal kandidat tunggal yaitu AM.DT.Rangkayo Basa yang maju, dan langsung terpilih secara aklamasi.

DR. Irwandi Sulin DT.Gadang salah seorang ninik mamak reformis yang ikut dalam rapat pemilihan, mengatakan, dengan terpilihnya Ketua KAN yang baru ini diharapkan mekanisme adat banagari dan basuku termasuk mitra pemerintahan dapat berjalan normal kembali.

“Diharapkan tidak ada lagi tumpang tindih administrasi serta sanak kemenakan dapat lebih baik dalam menata administrasi yang berhubungan dengan tanda tangan KAN” ucap Irwandi kepada media, Kamis, (5/8/2021). 

Bahkan tidak ada lagi keluhan dari sanak kemenakan dalam mengurus surat menyurat di KAN, tambahnya lagi.

Lebih lanjut DR.Irwandi Sulin DT.Gadang menyebut, kepada Ketua KAN lama legowo menerima perubahan ini, karena ini muncul dari perjuangan ninik mamak yang ingin perubahan untuk tatanan yang lebih baik pada Nagari Lubuk Alung ini.

Kepada Ketua KAN terpilih AM.DT.Rangkayo Basa dari Suku Koto dapat memegang dan melaksanakan amanah ini dengan baik dan penuh tanggung jawab selama menjalankan kepemimpinan di KAN.

“Semoga ninik mamak jangan terseret kedalam konflik pada Lubuk Alung, mari kita tata negeri ini dengan cara terhormat dan menyelamatkan sanak kemenakan kita, selamat bekerja Ketua KAN yang baru” ucap Irwandi mengakhiri, (Budi Kurniawan).


Editor.    : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »