PILIHAN REDAKSI

Pilkada 2024,KPU Sijunjung Buka Seleksi Calon Anggota PPS

    INFONUSANTARA.NET,Sijunjung -- Menghadapi Pilkada 2024, KPU Kabupaten Sijunjung mulai membuka seleksi calon anggota Panitia Pemungutan ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Busana HUT RI ke 76 Puan Memilih Baju Adat Minangkabau, Alex Indra Lukman Jelaskan Kenapa Alasannya!

Busana HUT RI ke 76 Puan Memilih Baju Adat Minangkabau, Alex Indra Lukman Jelaskan Kenapa Alasannya!

INFONUSANTARA.NET -- Ketua DPD PDIP Sumatera Barat Alex Indra Lukman menjelaskan alasan Puan memilih busana Ketua DPR RI Puan Maharani memilih baju adat Bundo Kanduang dari Sumatera Barat (Sumbar) sebagai busana HUT RI ke-76 di Istana. 

Alex menyebut Puan bangga sebagai anak almarhum Taufiq Kiemas. Selain itu, pemilihan baju adat Bundo Kanduang disebut sebagai penghargaan bagi Tanah Datar.

"Karena almarhum Bapak Taufiq Kiemas Datuk Basa Batuah adalah orang Tanah Datar. Yang dipakai Mbak Puan adalah baju adat dari sana sehingga auranya memancar," kata Alex, Selasa (17/8/2021).

"Bangga sebagai anak almarhum Taufiq Kiemas Datuk Basa Batuah dan penghargaan terhadap kampung dalam semangat kebhinekaan," ujar Alex.

Tak ada maksud lain dari Puan Maharani mengenakan baju adat Bundo Kanduang. Puan Maharani dan sang ibu, Megawati Soekarnoputri, disebut Alex Indra Lukman perhatian terhadap Sumatera Barat.

"Sedari dulu memang Ibu Megawati dan Mbak Puan sangat perhatian pada Sumbar. Saat Ibu sebagai presidenlah, maka dibangun Kelok 9, BIM, dan perluasan Teluk Bayur. Semua program itu sangat bermanfaat bagi rakyat. Hanya karena keuangan kita pada saat itu, maka semuanya berjangka panjang, dilanjutkan pemerintahan berikutnya," ujar Alex Indra Lukman.

"Lagi pula beliau berdua memang berdarah Minang, jadi merupakan otokritik," kata Alex soal pernyataan-pernyataan Puan dan Megawati terkait Sumatera Barat, yang belakangan menjadi perhatian masyarakat.

Selain itu Ketua DPR RI  Puan Maharani juga mendapat pujian dari Wagub Sumbar Audy Joinaldy karena memakai pakaian adat Minang saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan di HUT ke-76 RI. 

Wagub Audy : Busana adat pilihan Ketua DPR RI buat bangga Ranah Minang

Wakil Gubernur Sumbar Audy menilai pakaian adat yang dipilih untuk digunakan Ketua DPR RI Puan Maharani saat menjadi pembaca Teks Proklamasi dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Selasa (17/8/2021) memberikan rasa bangga pada masyarakat Minangkabau. 

Audy mengatakan busana yang dipilih oleh Ketua DPR itu memberikan rasa bangga bagi masyarakat Minangkabau karena semua perhatian di Indonesia tertuju pada acara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tersebut sehingga Minangkabau dan Sumbar semakin dikenal secara luas.

"Kita berterimakasih dan bangga bahwa Ibu Puan, Ketua DPR RI mengenakan busana adat Minang," ujar Wagub usai menjadi Irup Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di halaman Istana Gubernur.(Inf)


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »