PILIHAN REDAKSI

Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan 50 Kota

  Panwaslu50kota

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Memacu Pertumbuhan Ekonomi, Sebut Genius Umar Pembangunan Infrastruktur Harus di Kebut

MENTAWAI,infonusantara.net - Kunjungan Cawagub Dr.Genius Umar, Ssos,Msi di kepulauan mentawai dimasa kampanye pilgub menyampaikan persoalan pembangunan infrastruktur yang terjadi saat ini di Sumatera Barat (Sumbar).

Secara umum, sebut Genius Umar di Sumbar saat ini sedang mengalami persoalan infrastruktur yang menghubungan antara kabupaten kota dalam kondisi rusak, bahkan ada yang sebagian rusak parah, baik itu jalan provinsi maupun jalan negara.

Melihat persoalan ini merupakan tanggungjawab provinsi melalui APBD provinsi Sumatera Barat dan juga tanggungjawab provinsi menyampaikan kepada pemerintah pusat bahwa jalan negara dalam kondisi rusak parah.

Dalam kontek yang terjadi, Genius Umar menyebut perlu dilakukan perubahan besar untuk memacu pertumbuhan ekonomi, sehingga tidak belarut-larut dalam kondisi infrastruktur yang sedang dialami saat ini.

Ketika menginjakkan kaki ke mentawai yang pertama kali dalam masa kampanye pilgub, Senin (30/11/2020), saya melihat kekayaan dan potensi alam mentawai luar biasa, namun belum juga tersentuh pembangunan yang maksimal.

Dari sektor pariwisata, mentawai sangat dikenal dengan ombak nomor dua setelah hawwai, namun sampai saat ini pemerintah belum juga maksimal menyiapkan sarana pelabuhan yang memadai untuk mendukung arus kunjungan wisatawan lokal, regional dan mancanegara. 

Menurut Genius Umar melihat potensi alamnya mentawai kalah dengan bali dan juga lombok, namun semuanya ini bagaimana mengangkat potensi ini menjadi energi yang luar biasa untuk membangun mentawai sebagai tujuan wisata.

"Bagi saya, Mentawai ini tidak hanya sebagai tujuan wisata tetapi merupakan tujuan wisata prioritas provinsi Sumatera Barat, kapan perlu mentawai ini masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sebut Genius Umar.

Jadi, kalau mentawai masuk dalam KEK yang di SK kan pemerintahan pusat dalam hal ini Presiden, sehingga semua kementerian bisa ikut terlibat untuk membangun mentawai kedepan.

Misalkan PU membangun infrastruktur jalan lingkar di mentawai yang menghubungkan sisi barat dan sisi timur dan sisi selatan dan utaranya, kalau ini terjadi infrastrukturnya lengkap menurut Genius Umar mentawai ini bisa cepat maju.

Nah, dalam hal ini kita jadikan prioritas pengembangan pariwisata maritim di Sumatera Barat, ketika KEK ini berhasil bisa-bisa mentawai jadi pariwisata terkenal dan maju, tuturnya.

"Jika nanti FaGe yang memenangkan Pilgub Sumbar, maka kami akan menjalankan program tersebut secara bertahap sesuai kebutuhan ditengah masyarakat" ucap Genius Umar.

Selain itu Genius juga menjelaskan kembali tentang visi, misi program prioritas FaGe sebagai cagub dan cawagub Sumbar. Salah satunya adalah terkait dengan pembebasan biaya belajar sejak dari SD hingga SLTA dan program satu sarjana dalam satu rumah tangga miskin di Sumbar. 

Peningkatan SDM perlu dilakukan bagaimana kita memberikan pendidikan gratis sampai tingkat SMA dikepulauan mentawai ini, sehingga anak-anak mentawai memliki intelektual yang lebih baik untuk bisa mengolah hasil bumi berbasis lingkungan dan pembangunan bekelanjutan.

Kemudian bagaimana anak-anak yang berlatar belakang dari keluarga tidak mampu bisa mengikuti pendidikan di perguruan tinggi, semakin banyak generasi berpendidikan sarjana, menurutnya semakin tinggi partisipasi untuk membangun daerah, tandasnya.




Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »