Kemenangan Joe Biden di Pilpres AS, AHY: Harapan Baru Tatanan Dunia Akhiri Politik Identitas

 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyatakan calon presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden adalah harapan baru bagi dunia untuk menghentikan praktik politik identitas (CNN Indonesia/Hesti Rika)

INFONUSANTARA.NET -- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menilai bahwa kemenangan Joe Biden atas dalam Pilpres Amerika Serikat membawa harapan baru bagi tatanan dunia.

Menurut AHY, sapaan akrabnya, Biden adalah harapan untuk mempersatukan keberagamaan dan mengakhiri praktik politik identitas.

"Kemenangan Biden memberikan harapan bagi tatanan dunia baru yang mempersatukan keberagaman dan mengakhiri politik identitas yang membelah umat manusia," kata AHY lewat akun twitter pribadinya, Minggu (8/11).

AHY turut mengucapkan selamat kepada Amerika Serikat yang akan memiliki Presiden baru lewat kemenangan Biden yang merupakan kader Partai Demokrat.

AHY mengaku selalu mengikuti proses penghitungan suara. Menurut dia, proses penghitungan tersebut berjalan seru dan cukup menegangkan karena saling mengejar, baik dalam popular votes maupun electoral votes di seluruh negara bagian.

AHY selain itu juga mengapresiasi semangat warga AS yang bertisipasi dalam pesta demokrasi di tengah lonjakan kasus pandemi Covid-19.

"Penyelenggaraan Pemilu AS cukup baik dan bisa akomodir preferensi pemilih dalam berikan suaranya, baik melalui mail-in voting atau in-person voting," katanya.

AHY menilai Pemilu AS memberi semangat bagi masyarakat Indonesia untuk menggelar pesta demokrasi yang baik. Terlebih, pada Desember Indonesia juga akan menggelar pilkada serentak di 270 daerah.

Ia lalu berharap hubungan bilateral antara Indonesia-AS bisa terus meningkat, terutama dalam mengatasi krisis akibat pandemi Covid-19. Termasuk beberapa isu lain seperti HAM, keadilan, demokrasi, agama, perubahan iklim, dan pertahanan.

"Sekali lagi, saya mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS periode 2020-202," kata AHY, dilansir dari CNN Indonesia.

"Semoga kebangkitan Partai Demokrat AS menambah semangat baru bagi kebangkitan Partai Demokrat di Indonesia pada masa kini dan mendatang," tambahnya.


[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.