PILIHAN REDAKSI

Elly Thrisyanti Tegaskan Dirinya Siap Maju di Pilkada Kota Padang Jika Diamanahkan Partai Gerindra

Elly Thrisyanti,SE,Akt anggota DPRD Kota Padang Fraksi Partai Gerindra. Elly Thrisyanti Tegaskan Siap Maju di Pilkada Jika Diamanahkan Parta...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Bangkitkan Lagi Budaya, Ketua DPRD Sumbar Dukung Lomba Nyanyi Minang di Kota Payakumbuh



INFO|Payakumbuh - Dari 19 kota kabupaten yang ada di Ranah Minang,  Dinas Kebudayaan Sumbar lebih memilih Kota Payakumbuh sebagai tuan rumah Lomba Penyanyi Minang.


Lomba dalam mengangkat budaya Minangkabau dari seni lagu itu, diselenggarakan di Agam Jua, Kota Payakumbuh, Selasa (30/5/2023).


Sebanyak 47 peserta dari seluruh Sumbar itu, ikut bertarung jadi yang terbaik dalam menyanyikan lagu Minangkabau.


"Lomba nyanyi ini untuk membangkitkan lagi budaya Minang melalui seni lagu kepada generasi muda. Ini juga dalam rangka meriahkan Hari Musik Nasional," ujar Sysifullah Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar saat membuka Lomba  Penyanyi Minang tersebut.


Pemprov Sumbar, terutama Dinas Kebudayaan sangat berterima kasih kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi yang memiliki perhatian tinggi dan mensupport penuh terselenggaranya lomba penyanyi Minang tersebut.


"Pak Ketua DPRD memiliki perhatian tinggi dalam meriakkan kembali lagu-lagu Minang. Sudah banyak legendaris penyanyi  Minang ini berpulang. Karena itu perlu generasi muda sebagai penerus budaya ini," katanya lagi.


Sedangkan Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, generasi muda saat ini sudah mulai berpindah ke lagu-lagu pop nasional. Sehingga, lagu Minang terkesan ditinggalkan. Karena itu perlu dilakukan penguatan-penguatan kepada generasi muda untuk mengenalkan kembali, untuk menghidupkan kembali budaya Minang melalui nyanyian tersebut.


"Mudah-mudahan, kedepan lahir bibit-bibit penyanyi Minang dalam mempertahankan budaya kita ini," ujar Supardi. 


Sementara Asisten Walikota Payakumbuh Elvi Jaya mendukung penuh penyelenggaran lomba penyanyi Minang yang dipusatkan di Kota Payakumbuh. Katanya, hal tersebut setidaknya sudah menjadi promosi tersendiri bagi Kota Payakumbuh.


"Kuliner Payakumbuh enak-enak, kotanya juga sejuk. Kami senang Payakumbuh bisa jadi tuan rumah dalam iven skala Sumbar," ujarnya.


Penulis : Ady Parker

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »