PILIHAN REDAKSI

Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan 50 Kota

  Panwaslu50kota

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Santri Diniyyah Puteri Raih Juara I Lomba TTG Kategori Pelajar




INFO|Padang Panjang - Santri MAS KMI Diniyyah Puteri meraih juara I Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) kategori pelajar yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), Selasa (31/5/2022).


Pada perlombaan ini, MAS KMI Diniyyah Puteri yang diwakili Tifani Ariani Ahmad, Zeta Zhafira dan Raisa Indah Kamila 

merancang produk authomatic clothesline yaitu jemuran otomatis.


"Automatic Clothesline ini merupakan jemuran yang secara otomatis membuka dan menutup saat terjadinya hujan" sebut Tifani kepada media, Rabu (1/6/2022).


"Kelebihan alat ini memudahkan pekerjaan dalam menjemur pakaian saat cuaca ekstrim dari panas, tiba-tiba hujan di daerah rawan hujan seperti Padang Panjang. Alat ini sangat berguna terutama bagi orang yang sibuk bekerja di luar rumah," jelasnya.


Prinsip kerjanya, lanjut Tifani, ketika air hujan mengenai sensor, sensor memberikan sinyal ke arduino memproses dan memberi perintah kepada motor servo sebagai output untuk menutup atap. Begitu sebaliknya.


Sementara itu,  juara II diraih MTsN Ganting. Mereka menciptakan vacuum cleaner sederhana. Lalu, juara III diraih MTsS DMP Diniyyah Puteri yang merancang absensi digital, sebuah absen yang bisa digunakan secara online.


Camat PPB, Fiori Agustin, S.IP  menyampaikan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan motivasi pelajar maupun masyarakat, berinovasi menciptakan TTG.


"Berkolaborasi dengan Posyantek PPB, lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi peserta dalam menghasilkan inovasi teknologi tepat guna untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, nilai tambah dan mutu hasil produksi," tuturnya. 



Penulis : Indah,kmf

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »