PILIHAN REDAKSI

Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kecamatan 50 Kota

  Panwaslu50kota

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Peningkatan Jaringan Irigasi Saumangayak Mulai di Bangun



INFO|MENTAWAI - Peningkatan jaringan irigasi merupakan kegiatan meningkatkan fungsi dan kondisi jaringan irigasi yang sudah ada atau kegiatan menambah luas areal pelayanan pada jaringan irigasi  dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi.


Untuk memperluas jaringan irigasi tersebut, DPUPR Mentawai melalui Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) melaksanakan pembangunan peningkatan jaringan irigasi di Desa Saumangayak, Kecamatan Pagai Utara.


Kegiatan ini di kerjakan CV. Karya Gema Nusantara dengan nilai kontrak Rp.2.404.390.941.11 Miliar, nomor kontrak 611/06/PPK-PSDA.01/IIII-2022 dan penyedia PT.Multi Karya Interplan Konsultan.


Untuk pelaksanaan kegiatan pekerjaan di mulai 14 maret 2022 dan penyelesaian selama 180 hari kalender, kegiatan harus selesai pada 10 september 2022.


"Anggaran pembangunan jaringan irigasi Saumangayak ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022" sebut Kabid PSDA DPUPR Mentawai, Rifki Eriawan di ruang kerjanya, Rabu (11/5/2022).


Dia menyebut, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan jaringan irigasi Saumangayak ini memang agak sedikit terlambat dikarenakan memasuki bulan ramadhan serta pasca hari lebaran, namun tidak masuk dalam ranah teguran.


"Saat ini bobot rencana pekerjaan sudah 10 persen, pelaksanaan di lapangan mencapai 7 persen" sebut Rifki.


Secara keseluruhan pembangunan jaringan irigasi Saumangayak ini di harapkan selesai sesuai waktu yang sudah di tentukan pada 10 september 2022.


Lanjut di jelaskan, Rifki bahwa pembangunan jaringan irigasi saat ini merupakan pengembangan yang sudah ada, dimana pembangunan tahun sebelumnya sudah di aliri 20 hektar persawahan masyarakat.


"Karena masih ada sawah masyarakat yang belum teraliri, maka di bangun kembali jaringan irigasi dengan target kapasitas sawah yang akan di aliri 20 hektar" sebut Rifki.


Dengan adanya pembangunan peningkatan jaringan irigasi ini, kata dia terbantu pengairan sawah dengan luas sawah 40 hektar di saumangayak serta  memudahkan masyarakat untuk mengembangkan persawahan, ujarnya.

 

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »