PILIHAN REDAKSI

Pilkada 2024,KPU Sijunjung Buka Seleksi Calon Anggota PPS

    INFONUSANTARA.NET,Sijunjung -- Menghadapi Pilkada 2024, KPU Kabupaten Sijunjung mulai membuka seleksi calon anggota Panitia Pemungutan ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Camat Sipsel Dukung Penuh Cetak Sawah Seluas 14 Hektar di Desa Mara




INFO|MENTAWAI - Untuk menigkatkan hasil produksi persawahan di butuhkan dukungan serta pendampingan terhadap petani agar memberikan hasil yang maksimal serta pemenuhan kebutuhan pokok di tengah masyaakat.


Selain itu peningkatan hasil produksi ini juga guna mewujudkan ketahanan pangan dan menjadi harapan bagi masyarakat yang berada di wilayah pedesaan untuk selalu semangat mengembangkan pertanian.


Dimana saat ini dengan semangat kebersamaan dalam meningkatkan hasil produksi pertanian, masyarakat Desa Mara membuka lahan pertanian sawah seluas 14 hektar yang berada di Dusun Monga


"Kita apresiasi dan patut berikan dukungan atas semangat masyarakat yang telah membuka lahan persawahan seluas 14 hektar, semoga hasil produksi nantinya maksimal" ucap, Camat Sipora Selatan, Yusuf Hadisumarto kepada media, Jumat (8/4/2022).


Dia menyebut hasil dari diskusi yang di lakukan bersama Kepala Desa Mara dan masyarakat, pihaknya berharap di lokasi persawahan ada akses jalan pertanian, irigasi dan fasilitas huller padi, karena hamparan peraswahan sangat luas.


Padi yang di tanam masyarakat di lahan persawahan seluar 14 hektar ini, kata Hadi ini merupakan bantuan bibit padi dari Desa Mara guna mendukung ketahanan pangan di wilayahnya.


Lebih lanjut di katakan Hadi, untuk mewujudkan hasil pertanian lebih maksimal, tentu masyarakat membutuhkan pendampingan dari PPL. Sementara saat ini untuk penanaman di lakukan secara manual atau tradisional yang di lakukan masyarakat.


Dengan luas persawahan 14 hektar, menurut Hadi kalau rata-rata 1 hektar menghasilkan gabah 2 ton, maka bisa menghasilkan gabah sebanyak 28 ton.


Maka dari itu,.pihaknya juga meminta agar pendampingan terhadap masyarakat dalam meningkatkan hasil produksi pertanian sangat di butuhkan keseriusan dari tenaga pendamping, mulai bercocok tanam hingga panen.


Tak hanya itu, dia juga mengajak seluruh desa yang berada di wilayahnya untuk secara bersama-sama membuka lahan persawahan di 7 Desa dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayah masing-masing,.ujarmya.


"Kita berharap target tahun 2023 hasil produksi sawah yang di tanam masyarakat Desa Mara seluas 14 hektar ini memberikan hasil yang memuaskan nantinya" harap Hadi.


Dia menambahkan, untuk menyukseskan hasil produksi pertanian yang maksimal perlu dukungan bersama, sehingga apa yang di harapkan masyarakat memberikan peningkatan ekonomi.


Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »