PILIHAN REDAKSI

Jalin Silahturahmi, Babinramil 01 Sikabaluan Komsos Bersama Anggota Dishub

INFO|MENTAWAI - Membangun komunikasi sosial tak hanya sebatas menyambangi mitra karib, namun kegiatan yang di laksanakan memiliki arah dan ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Atasi Kekeringan,Elly Thrisyanti Salurkan Bantuan Air Bersih di Pengambiran Ampalu Nan XX

 


INFONUSANTARA.NET --Siang itu, beberapa kelompok warga telah menyiapkaan ember untuk menampung air bersih yang akan di salurkan oleh Perumda Air Minum Kota Padang melalui truk tanki air kapasitas 5000 ltr milik Perumda Air Minum Kota Padang.


Biasanya, dalam pemenuhan kebutuhan air, warga Kelurahan Ampalu, Pegambiran Padang bergantung pada mata air yang berada di perbukitan Ampalu yang berada di belakang rumah mereka.


Air dari sumber mata air di perbukitan, di salurkan melalui selang air yang di salurkan ke rumah-rumah warga. "Untuk menyalurkan air dari perbukitan ke rumah, kami membeli selang air yang di salurkan ke rumah-rumah warga. Tetapi hari ini, sumber mata air itu mengering, dan kita berharap pemenuhan air minum dari bantuan saja," ucap Ali (35) salah seorang warga, Minggu (17/4).


Dari pantauan terdapat enam titik kelompok warga yang menerima bantuan air minum ini. "Dalam pendistribusian bantuan air minum dari anggota DPRD Elly Thrisyanti, kita mengelompokan beberapa warga berdasarkan alamat rumah mereka. Jadi, pengelompokan ini membantu warga, karena tidak perlu repot dalam mengangkat air ke rumah nya," ucap Ketua RT 01 RW 18 Kelurahan Pengambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubeg, Gusmaleni saat ditemui disela-sela penyaluran.


Gusmaleni menjelaskan kemarau yang dirasakan warga baru dua kali dalam kurun waktu lima tahun kebelakang.


"Dalam kurun waktu lima tahun ini, kamu baru dua kali mengalami kekeringan seperti ini. Alhamdullilah Elly Thrisyanti selalu menyalurkan bantuan air bersih ke daerah kami. Kami tidak tahu penyebab kekeringan ini," tambahnya.


Anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti dalam kesempatan tersebut menjelaskan, penyaluran bantuan air bersih ke daerah pemilihannya ini karena warga telqh mengalami kekeringan hampir sebulan. 


"Kemarau membuat warga Kelurahan Ampalu Pagambiran, Kecamatan Lubeg membutuhkan air bersih pada saat ini. Oleh karena itu kita menyalurkan bantuan satu truk air bersih yang dapat dimanfaatkan warga untuk memasak," ucapnya.


Elly Thrisyanti berharap, kedepan masyarakat harus memelihara kelestarian lingkungan yang ada di perbukitan Ampalu.


"Harapan kita, warga dapat melakukan penghijauan di perbukitan Ampalu agar tidak terjadi kekeringan seperti saat ini. Bagaimanapun dengan banyaknya pohon di Bukit Ampalu, tentu menyimpan cadangan air di bukit dan tidak akan kekeringan seperti ini," tambahnya.


Lebih lanjut, Elly Thrisyanti akan memfasilitasi warga yang ini  rumahnya dialiri oleh air dari Perumda Air Minum Kota Padang.


"Kita tentu tidak ingin kekeringan seperti ini terjadi lagi. Solusinya mengaliri rumah dengan air dari Perumda Air Minum Kota Padang. Tentu bisa berjalan dengan adanya peran aktif dari warga," tutupnya.


Selain Kelurahan Ampalu, Pegambiran, Kota Padang, kawasan yang terpapar kekeringan hingga saat ini adalah Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan.(inf)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »