PILIHAN REDAKSI

Dua Pelaku Kawanan Pencurian Berhasil Diringkus Polres Payakumbuh di Lokasi Berbeda

INFO|Payakumbuh - Tim "Gedor" Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil menangkap dua pelaku tindak pidana pencurian yang terjadi pa...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Kajati Sumbar dan Sekda Mentawai Gerakan Penanaman Cabe 1 Hektar




INFO|MENTAWAI - Dalam rangka gerakan penanaman 1 hektar cabe bersama kelompok tani binaan kejakasaan negeri Mentawai, Kajati Sumbar, Asnawi, SH, MH lakukan penanaman cabe di lokasi ponpes Hidayatullah, Desa Sipora, Kecamatan Sipora Utara, Selasa (5/3/2024).


Penanaman cabe yang di lakukan Kajati Sumbar di dampingi Sekda Mentawai, Martinus Dahlan, unsur Forkopimda, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai, Para Asisten, Kepala OPD dan masyarakat.


Kajati Sumbar menyebut, gerakan penanaman cabai seluas 1 hektar ini merupakan langkah awal, namun di awal tersebut bagaimana mengajak masyarakat untuk mencintai pertanian dan bercocok tanam.


"Hasil yang kita dapatkan ini akan di perlihatkan kepada masyarakat, bahwa kegiatan sehari-hari yang kita lakukan ada hasil yang di dapatkan" tuturnya.


Gerakan penanaman cabai ini, sebut Asnawi bagaimana mengajak masyarakat untuk mencintai pertanian, jangan hanya menunggu hasil dan membeli, namun perlu memanfaatkan sumber daya alam yang ada.


"Mudah-mudahan di awal penanaman ini tidak hanya cabe yang di kembangkan termasuk juga tanaman muda lainnya yang bisa di pasarkan" ujarnya.


Sementara di tempat yang sama, Sekda Mentawai, Martinus Dahlan menuturkan, sesuai yang di sampaikan Kajati bahwa kegiatan penanaman cabe ini merupakan langkah awal nantinya bisa di ikuti masyarakat.


"Kita berharap langkah awal ini bisa berhasil dan menjadi contoh bagi kelompok tani di bawah binaan Kejari Mentawai" ucapnya.


Dalam perkembangan tanaman cabe ini, kata dia perlu di perhatikan pihak penyuluh di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai supaya nanti hasil maksimal.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mentawai, Hatisama Hura menyampaikan, penanaman cabe selain di ponpes Hidayatullah juga ada di yayasan kaum Mentawai seluas 1 hektar dan ada beberapa kelompok tani.


"Gerakan penanaman cabe ini di lakukan di lahan seluas 1 hektar dengan bibit cabe sebanyak 6.800 batang" sebut Kadis KPP, (Ers).


Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »