PILIHAN REDAKSI

Pilkada 2024,KPU Sijunjung Buka Seleksi Calon Anggota PPS

    INFONUSANTARA.NET,Sijunjung -- Menghadapi Pilkada 2024, KPU Kabupaten Sijunjung mulai membuka seleksi calon anggota Panitia Pemungutan ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Ketahanan Pangan Harus di Mulai Dari Pemanfaatan Pekarangan




INFO|MENTAWAI - Untuk memenuhi kebutuhan pokok sangat di perlukan memanfaatkan pekarangan untuk di tanami palawija seperti cabe merah, bayam dan kangkung.


Kegiatan ini di lakukan salah satu anggota babinsa koranil 03 Sipora, Sertu Osten Sinaga dalam program pemberdayaan prajurit produktif asrama hijau di Perumahan Asmil Kodim 0319/Mentawai, Jumat (13/1/2023).


Penanaman tanaman palawija ini meliputi cabe merah masih dalam tahap penanaman, sayur bayam dalam tahap perawatan dengan usia 8 hari dan sayur kangkung sudah memasuki tahap panen.


Osten Sinaga menyebut, kegiatan penanaman palawija ini sebagai motivasi bagi warga yang berada di lingkungan asmil kodim 0319/Mentawai agar memanfaatkan pekarangan.


"Setidaknya tanaman yang di tanam di pekarangan dapat di manfaatkan sebagai kebutuhan pokok keluarga dan tidak lagi menunggu dari luar" ucapnya 


Selain itu dapat meningkatkan perekonomian serta mengisi waktu luang dengan mengisi kegiatan yang positif yang dapat menambah penghasilan keluarga, ujarnya.


Lanjut Osten Sinaga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini di dampingi PPL pertanian Desa Goiso'oinan Ibu Teti agar nanti dapat di aplikasikan kepada warga binaan.


Pemanfaatan pekarangan sangat banyak kegunaannya, selain meningkatkan pendaoatan keluarga juga dapat memenuhi kebutuhan pokok keluarga.


Tak hanya itu aktivitas pemanfaatan perkarangan dan lahan juga untuk menjaga stabilitas Hanpangan dalam rangka antisipasi pasokan pangan di daerah.


"Prinsipnya kita terapkan di wilayah binaan kita ketahanan pangan itu harus di mulai dari pemanfaatan pekarangan" tutupnya mengakhiri.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »