Presiden RI Joko Widodo 

INFO NASIONAL - Presiden Jokowi kembali melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat.Bahkan, pada kunjungan kali ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan untuk membuka Rakernas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke-28.

"Iya, besok (Senin,red) sore Pak Jokowi sampai di Padang untuk membuka acara Rakernas IWAPI di Inna Muara Hotel yang digelar pada Senin malam," kata Ketua Umum IWAPI Sumbar, Emma Yohana saat dibubungi melalui telepon genggam, Minggu (7/10/2018).

Acara Rakernas IWAPI itu, sebut Emma, dibuka oleh Presiden Jokowi sekitar pukul 20.00 WIB.Setelah acara pembukaan digelar, beliau kembali ke Jakarta.

"Pak Presiden tidak bermalam. Beliau akan kembali ke Jakarta usai meresmikan pembukaan Rakernas," ujarnya.

Selain Jokowi, pada Rakernas yang digelar pada 8-10 Oktober itu, juga hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Yembise, serta sejumlah pimpinan Bank.

"Rakernas ini akan dihadiri sekitar 1500 anggota IWAPI seluruh Indonesia. Baik dari DPP maupun DPD. Sampai sore ini, sudah ada sekitar 1000 lebih anggota yang sudah menkonfirmasi kedatangannya. Jumlah ini akan terus bertambah mengingat Rakernas dibuka Senin (8/10/2018)," bebernya.

Selama Rakernas digelar, lanjutnya, IWAPI juga mengadakan acara seminar yang akan dihadiri sejumlah pihak kementerian terkait yang ada hubungannya dengan dunia wirausaha untuk menjadi pemateri seminar.

Seminar itu diadakan supaya dapat mendorong dan meningkatkan motivasi pengusaha wanita Indonesia untuk mengembangkan usahanya.

Kemudian di samping itu, seminar tersebut juga diharapkan agar anggota IWAPI bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya.

“Baik kemampuan dari sisi produk maupun manajemen, karena saat ini kita dihadapkan pada persaingan global melalui pasar online yang semakin menggurita. Dan tentunya, kami di IWAPI juga harus mengupdate semua hal yang berkaitan dengan beberapa hal tersebut,” bebernya.

Selain seminar, Senator asal Sumbar itu juga menyebut bahwa pada Rakernas besok, juga diadakan kegiatan sosial berupa penanaman 10 ribu batang bibit pohon produktif.

Penanaman pohon produktif itu akan dilakukan secara simbolis di halaman Museum Adityawarman.

“Info awalnya, yang akan melakukan penanaman secara simbolis nantinya Menteri Kehutanaan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar bersama Ketum DPP IWAPI, Dyah Anita Prihapsari. Namun sampai sore ini, belum ada konfirmasi apakah Buk Menteri jadi datang atau tidak. Sampai saat ini kami masih menunggu konfirmasinya," beber Emma.

Ditambahkannya, selain menggelar kegiatan seminar dan penanaman pohon, juga dibuka acara pameran. Bahkan, sebanyak 80 stand disediakan IWAPI untuk di tempati.

"Stan pameran itu pada umumnya diisi oleh berbagai hasil produksi dari pelaku UMKM yang merupakan aggota IWAPI dari berbagai provinsi," pungkasnya. (trb)


 
Top