Pengurus DPD AJO Indonesia Sumbar 
Infonusantara (PADANG) - Ecevit Demirel, Pemimpin Redaksi www.sumatrazone.co.id, terpilih sebagai Ketua DPD Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Provinsi Sumatera Barat dalam Musyawarah Daerah (Musda) yang dilaksanakan di Gedung KNPI Sumbar, Minggu (8/4/2018). Jurnalis online yang akrab disapa "ede" ini didampingi Indra Afriadi/Pemred www.tanamonews.com selaku Sekretaris dan Eri Gusnedi/Pemred www.ritvone.com selaku Bendahara.

Musda pertama DPD AJO Indonesia Sumbar ini berlangsung demokratis, dipandu oleh Organizing Committee (OC) yang terdiri dari Firma Ragnius yang akrab disapa "Ad Firma"/ Pemred www.sumbarnet.com selaku Ketua OC, Eri Gusnedi (Sekretaris OC) dan Chairoer Rahman (Anggota OC).

Ketua terpilih, ede, berharap, ke depannya DPD AJO Indonesia Sumbar tumbuh dan berkembang sebagai salah satu wadah jurnalistik online yang solid serta mampu melaksanakan visi misi dan program-program organisasi secara baik, profesional dan proporsional, dengan tetap berpijak pada pedoman, visi misi dan AD-ART AJO Indonesia.

"Kami berhimpun di sini, sekaligus sebagai aktualisasi bahwa eksistensi media modern (media online-red) dewasa ini menuntut para praktisi jurnalistik online untuk terus memacu profesionalitas dalam penyajian informasi ke tengah-tengah khalayak pembaca yang tentunya didominasi kalangan dengan pola fikir modern pula. Untuk itu perlu saling sinerji sekaligus membangun komunitas yang terintegrasi pada sumber-sumber referensi yang membawa pada kemajuan. Baik secara produksi maupun secara inovasi," ungkap ede, ketika didaulat memberikan kata sambutan oleh segenap peserta Musda.

Ia mengakui, saat ini daya juang para praktisi jurnalistik online benar-benar tengah diuji, terutama dalam menimbulkan kepercayaan khalayak pada kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media online, terutama pada kalangan birokrasi di daerah-daerah yang rata-rata belum sepenuhnya memahami bahwa media online patut ditempatkan di garis depan untuk percepatan penyebaran informasi ke khalayak luas.

"Keberadaan dan peranan kita di daerah masih dipandang sebelah mata. Ini realita. Untuk mematahkan asumsi yang keliru tersebut, ayo sama-sama kita buktikan bahwa kita profesional, kita layak berada di garis depan!," seru pria yang pernah menjadi pengasuh salah satu koran harian group jawapos di Padang tersebut.

Sekretaris DPD AJO Indonesia Sumbar, Indra Afriadi yang akrab disapa "Indra Tanamo", menambahkan, dengan berhimpun di satu wadah yang berintegrasi ke pusat, ia beserta rekan-rekan sesama praktisi jurnalistik online di Sumbar merasa lebih percaya diri sekaligus berharap  AJO Indonesia menjadi wadah yang representatif untuk mengangkat marwah media modern di tengah-tengah masyarakat."

Berbekal semangat dan rasa kebersamaan antara kami yang sebidang ini, insya Allah amanat mengembangkan AJO Indonesia hingga kabupaten / kota di Sumbar dapat kami realisasikan dalam tempo sesingkat-singkatnya," ujar Pemred www.tanamonews.com ini optimis.

Setelah rampung penyusunan komposisi DPD, dalam tempo kurang dari 24 jam, ede, Indra dan kawan-kawan akhirnya sepakat menetapkan sejumlah wartawan sepuh dan sosok yang dianggap layak sebagai Dewan Pembina. Mereka antara lain Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, S.Sos selaku Ketua Dewan Pembina, H. Nasrul Djalal, H. Salius St Sati, Nur Akmal dan Novwibawa, SH.

Berikut komposisi lengkap DPD AJO Indonesia Sumbar:

*DEWAN PEMBINA*

Ketua:
*Heranof Firdaus, S.Sos*, Ketua PWI Sumbar
- *H. Nasrul Djalal*
- *H. Salius St Sati*
- *Nur Akmal*, Dewan Redaksi www.sumatrazone.co.id
- *Novwibawa, SH*, Pemred www.sumbarraya.com

*DEWAN PENGURUS*

Ketua: *Ecevit Demirel* Pemred www.sumatrazone.co.id

Wakil Ketua: *Helmi Boy, SH* Pemred www.padangterkini.com

Sekretaris: *Indra Afriadi* Pemred www.tanamonews.com

Wakil Sekretaris: *Andarizal* Pemred www.mediaportalanda.com

Bendahara: *Eri Gusnedi* Pemred www.ritvone.com

Wakil Bendahara: *M Rizki Markiano* Pemred www.bijaknews.com

*BIDANG-BIDANG*:

# Ketua Bidang Media, Penyiaran, Komunikasi dan Informasi: *Syafridurrahman* Redaktur Umum www.topsumbar.com
Anggota: *Adha Putra Harmaini* Pemred www.kabarnagari.com
- *Doni Ruswandi* Reporter www.mediaportalanda.com

# Ketua Bidang Industri Teknologi, Internet, Aplikasi, Data dan Konten: *Syafrizal* Pemred www.mediabenangmerah.com
Anggota: - *Arda William, S.Hum*

# Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan: *Dede Darman* Pemred www.kupasnews.com
Anggota: *Dinda Denura*

Ketua Bidang Regulasi, Legal dan Advokasi: *Jade Mahdapati,SH* Koord Tim
Ombudsman www.sumatrazone.co.id
Anggota: -  *Ihsan Muslim, SH, MH* 
- *Rahmat Yulanda, SH* Anggota Tim Ombudsman www.sumatrazone.co.id

# Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan: *Wahyu Amuk* www.metroandalas.co.id
Anggota: 
- *Falsanar* Pemred www.jurnalistsumbar.com

# Ketua Bidang Hubungan Kerjasama dan Kemitraan: *Denni Handani* Pemred www.sumateraexecutive.com
Anggota: *Benny Kurniawan* Pimprus Semangatnews.com

# Ketua Bidang Sosial dan Kebudayaan: *Firma Ragnius* Pemred www.sumbarnet.com
Anggota: - *Agiatri Mulyana* Reporter www.netralnews.net

Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis: *Peter Prayuda* Pemred www.internewss.com
Anggota: - *Dasrizal Afandi*

Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan, Kompetensi Profesi dan Sertifikasi: *Chairur Rahman* Pemred www.sumbartoday.net
Anggota: - *Sukra Rahmat Putra*  Reporter www.maklumatnews.net. 
(***)
(Infonusantara /rel)

 
Top