Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah dan Walikota Fremantle DR. Brad Pettitt di Grand Inna Hotel Padang, Rabu (3/5)
Infonusantara.PADANG-Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Kota Fremantle, Negara Bagian Australia Barat, Australia kembali menguatkan hubungan setelah 20 tahun tidak saling mengunjungi. Kedua pihak sepakat menuangkan kesamaan niat tersebut dalam bentuk Letter of Intent (LoI) yang nantinya dilanjutkan dengan Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan berkas bersejarah tersebut dilakukan oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah dan Walikota Fremantle DR. Brad Pettitt di Grand Inna Hotel Padang, Rabu (3/5). Turut menyaksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wilem Rampangilei, Ketua DPRD Padang Erisman dan Wakil Walikota Padang Emzalmi di sela berlangsungnya Rapat Kerja III Indonesia-Indian Ocean Local Government Forum (Indonesia-IOLGF)
.
Walikota Mahyeldi mengatakan, hubungan Padang dan Fremantle sudah terjalin sejak 1997 lalu. Sekarang kembali dipererat seiring perkembangan dan kebutuhan kedua kota."Kita melihat perkembangan Kota Fremantle dari sisi pariwisata, penataan kota dan pelabuhan sangat mengagumkan. Ini suatu keunggulan yang dapat kita ikuti, " kata Mahyeldi.

Bukan itu saja, Wako Mahyeldi juga melirik peluang untuk perdagangan dan jasa, pengembangan sumbar daya manusia serta infrastruktur. Ini menjadi poin yang dituangkan dalam pernyataan minat kerjasama dengan kota pelabuhan yang saat ini mendapat julukan "Kota Wajib Kunjung" pada 2016 itu.

Sementara itu, Brad Pettitt menyambut baik langkah awal kerjasama dengan Kota Padang. Ia menilai potensi Kota Padang tidak kalah dengan yang dimiliki Fremantle."Di sini ada pabrik semen besar ( PT Semen Padang) yang tidak kami miliki. Juga alamnya yang Indah. Potensi pariwisatanya sangat besar, " kata Brad Pettitt.

Lebih lanjut, Pettit mengatakan, beberapa hal yang perlu diupayakan yaitu terkait jalur transportasi yang ada di bawah ototritaa pelabuhan negara bagian.
"Jika ini bisa diupayakan, jalur transportasi untuk perdagangan Padang dan Fremantle lebih praktis, " sebutnya. (im7/Ch)
 
Top