Add captionWalikota Padang Mahyeldi Ansharullah Lepas Peserta Bikers "Jelajah Gunung Padang"
                                 "  Wisata dan Olahraga Jelajah Gunung Padang 2017"

Infonusantara.PADANG - Bersepeda merupakan olahraga kegemaran Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo. Walikota sering 'gowes' (bersepeda) hampir di setiap waktu senggang. Sejumlah rute pernah dilewatinya.
Seperti yang dilakukan walikota saat mengikuti kegiatan bersepeda bertajuk "Jelajah Gunung Padang" yang digagas Koto Kaciak Track Specialist (KTS), bekerjasama dengan ISSI Kota Padang dan ISSI Sumbar, Minggu (16/4). Rute sepanjang 21 Km berhasil dilahap walikota dan Peserta lainnya.
Mengambil start di Muaro, ribuan bikers langsung gowes menuju Jembatan Siti Nurbaya. Setelah itu walikota bersama peserta lainnya disuguhi medan cukup menantang, menaiki Gunung Padang. Dilanjutkan dengan menyusuri Bukit Gado-gado.
Selepas itu, peserta menuju Pantai Air Manis, Teluk Bayur, terus ke Rawang, dan beristirahat sejenak di tanjakan Koto Kaciak sambil menikmati teh jahe yang merupakan minuman khas tradisional di lokasi tersebut. Tanjakan Koto Kaciak selama ini memang dikenal sebagai "pit stop" para bikers.
Usai itu, para bikers melewati jalur yang terbilang relatif mudah, yakni turun ke Seberang Padang. Selanjutnya menuju Mata Air, masuk ke Pasar Gadang, Pondok, melewati bangunan "Kota Tua", dan finish di Muaro.
Tak nampak raut lelah di wajah walikota dan peserta lain. Namun justru menikmati rute menantang bersama sepeda kesayangannya.
"Dengan bersepeda akan memperkuat NKRI," ucap Walikota.
Walikota mengaku salut dengan event yang digagas KTS. Di samping berolahraga, event tersebut dapat menyatukan komunitas sepeda yang ada.
"Mudah-mudahan lewat event ini muncul atlet sepeda yang mampu bersaing di gelaran Tour de Singkarak (TdS). Sebab selama ini peserta TdS banyak dari luar, tidak ada dari Sumbar," tukas Walikota didampingi ajudan Jelli Chaniago dan Asral Yuwandi.
Sementara Camat Padang Selatan Fuji Astomi yang ikut hadir, menyambut baik kegiatan positif tersebut. Menurutnya, lewat bersepeda dapat mengenalkan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang kepada peserta serta menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.
"Kegiatan ini sekaligus memperkenalkan bahwa Padang Selatan punya potensi dan keindahan pariwisata. Kita berharap kegiatan ini terus berlanjut dan masuk agenda pariwisata dan olahraga, hendaknya," tutur Fuji.
Rencananya, ke depan Pemerintah Kota Padang akan terus menggelar event serupa. Jika tak ada halangan, kegiatan serupa digeber pada September mendatang atau bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas).
Seorang penggiat olahraga sepeda, Dedi Oscar Adam mengaku senang dengan digelarnya Jelajah Gunung Padang KTS. Menurutnya olahraga sepeda memang harus digalakkan di tengah semakin banyaknya kendaraan bermotor yang menyumbang polusi udara.
"Pemko Padang harus terus menggalakkan kegiatan ini. Salut juga buat walikota yang bisa menyelesaikan 21 Km pada pagi ini, kalah saya," ucap ASN Kota Pariaman ini sambil tersenyum.(im7/Charlie)
 
Top