PILIHAN REDAKSI

Kunjungi Bayi Penderita Anencephaly, Bupati Benny Dwifa Pastikan Biaya Perawatan Pemda yang Menanggung

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa kunjungi bayi tanpa tempurung kepala (Anencephaly)di Jorong Taratak Baru,Nagari Padang Laweh Selatan. Minggu ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Ayo ke Desa Wisata Nagari Adat Sijunjung, Geopark Ranah Minang Silokek

 

Desa wisata nagari adat Sijunjung.


INFONUSANTARA.NET, Sijunjung-- Desa Wisata Nagari Adat Sijunjung merupakan sebuah desa wisata yang berlokasi Sumatera Barat.


Lokasi Desa Wisata Nagari Adat Sijunjung masuk ke dalam wilayah Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.


Perkampungan Adat Nagari Sijunjung berada di Jorong Koto Padang Ranah dan Tanah Bato.


Keduanya merupakan wilayah yang masih utuh sepanjang perjalanan historis kerajaan Pagaruyung yang dimulai dari abad ke 14.


Wilayah Desa Wisata Nagari Adat Sijunjung juga masuk dalam kawasan Geopark Ranah Minang Silokek.


Maka tidak heran jika selain memiliki keunikan budaya dan tradisi, wilayah ini juga dianugerahi keindahan alam yang memesona.


Desa Wisata Nagari Adat Sijunjung terletak diantara dua sungai yakni Batang Sukam dan Batang Kulampi.


Bentuk perkampungan di lingkungan Nagari ini juga memilki sawah dan ladang, pandam pakuburan, surau, masjid, pasar, jalan, dan balai adat yang tersusun pada area yang saling berdekatan dengan sungai.


Kawasan desa yang serta dilingkupi oleh hutan dan perbukitan ini menyajikan sebuah bentang alam yang sangat unik.


Desa Wisata Nagari Adat Sijunjung memiliki daya tarik berupa perkampungan yang dinamakan "Lorong Waktu Minangkabau" sebagai Cagar Budaya Nasional.


Terdapat 76 buah rumah adat berupa rumah gadang yang berjejer rapi dalam satu kawasan perkampungan.


Dari sederet rumah adat tersebut, sebanyak 40 rumah gadang juga menjadi homestay yang bisa dihuni oleh wisatawan.


Di rumah tersebut, wisatawan bisa menikmati kuliner khas dan souvenir seperti Galamai, Songket, Lomang Panggang dan Makan Bajamba.


Selain itu, festival Bakaua Adat dan Mambantai Kabau yang sampai saat ini menjadi satu satunya tradisi turun temurun yang dilestarikan di Nagari Sijunjung.


Desa Wisata Nagari Adat Sijunjung juga memiliki segudang prestasi yang membanggakan.


Perkampungan Adat Sijunjung memperoleh Anugerah Pesona Wisata Indonesia (API) dari kategori Perkampungan Adat dengan peringkat Juara II Nasional pada tahun 2019.


Perkampungan Adat Sijunjung juga telah meraih Rekor MURI Perkampungan Adat Berjejer Terpanjang di Indonesia pada 27 Agustus 2023.


Bahkan dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023, Desa Wisata Nagari Adat Sijunjung menjadi pemenang dari kategori Desa Wisata Berkembang.. ayolah berkunjung.wisata geopark silokek. Dilansir dari kompas.com

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »