PILIHAN REDAKSI

Kunjungi Bayi Penderita Anencephaly, Bupati Benny Dwifa Pastikan Biaya Perawatan Pemda yang Menanggung

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa kunjungi bayi tanpa tempurung kepala (Anencephaly)di Jorong Taratak Baru,Nagari Padang Laweh Selatan. Minggu ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Respon Cepat, Disdikbud Mentawai Segera Anggarkan Perbaikan SDN 27 Sagulubbeg




INFO|MENTAWAI - Menindaklanjuti adanya salah satu sekolah yang kondisinya rusak di Dusun Buga, Desa Sagulubbeg, Kecamatan Siberut Barat Daya, Kepulauan Mentawai, Tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai (Disdikbud) akan segera agendakan turun lokasi.


"Kita akan segera turunkan tim untuk mengecek kondisi bangunan SDN 27 Sagulubbeg, sehingga kita tahu apa saja yang akan di lakukan nanti" kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, Aban Barnabas di ruang kerjanya, Kamis (20/6/2024).


Dia mengatakan, kondisi sekolah SDN 27 Sagulubbeg ini sudah dapat informasi dari salah satu tokoh masyarakat, dimana sekolah tersebut butuh perhatian serius dari Dinas agar bangunan sekolah bisa lebih nyaman untuk melaksanakan proses belajar mengajar.


"Kita sudah koordinasikan dengan Kabid SD untuk di anggarkan, kalau anggaran perubahan tidak bisa, kita akan masukan di APBD murni tahun 2025, ini menjadi prioritas kita" kata Aban Barnabas.


Melihat dari dokumentasi, menurut Kadisdik Mentawai sepertinya di lakukan akukan rehab, namun demikian untuk memastikan kondisi sekolah tersebut pihaknya menurunkan tim ke lokasi, guna mengecek sekolah apa saja yang rusak, ujarnya.


Lebih lanjut, terkait kondisi sekolah ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak kepala sekolah bagaimana kondisi sekolah sebenarnya, apakah butuh di lakukan rehab atau lebih dari rehab.


Meski begitu, tim segera turun ke lapangan untuk memetakan kondisi kerusakan sekolah sekaligus membuat perencanaannya agar lebih cepat pelaksanaannya nanti.


Dia mengatakan, terkait adanya sekolah yang rusak ini, soal pengusulan dari pihak sekolah sebenarnya di lakukan penjaringan aspirasi melalui Musrenbang, ada yang namanya usulan masyarakat, ada juga melalui Pokok Pikiran Rakyat (Pokir).


Menurut, Aban kalau tidak baru-baru ini kejadian kerusakan sekolah, pasti ada usulannya, namun kalau melihat kondisi terbaru bisa bencana alam seperti tertiup angin kencang, namun begitu, kalau dana sekolah mendukung (dana BOS), pihak sekolah bisa lakukan langkah-langkah antisipatif untuk sementara waktu sebelum pihak Dinas turun ke lapangan.


Dia menjelaskan, terkait pengusulan kondisi sekolah, tentu tim Disdikbud turun monitoring dulu, hasil dari monitoring itu bisa dipetakan mana yang masuk prioritas dan juga ada usulan dari masyarakat melalui Musrenbang termasuk Pokir.


Menyangkut dengan kondisi sekolah, Kadisdik Mentawai menghimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk cepat memberikan informasi, ketika ada terjadi kerusakan sekolah baik itu sifatnya darurat ataupun terkena bencana alam.


"Himbauan ini kita sampaikan agar, kita di Dinas mengetahuinya dan bisa segera di turunkan tim kelapangan, jadi tidak menunggu waktu lama, maka koordinasi sangat di perlukan, sehingga tidak terjadi miskomunikasi" tutupnya mengakhiri, (Ers).



Editor : Tim Redaksi




Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »