PILIHAN REDAKSI

Kunjungi Bayi Penderita Anencephaly, Bupati Benny Dwifa Pastikan Biaya Perawatan Pemda yang Menanggung

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa kunjungi bayi tanpa tempurung kepala (Anencephaly)di Jorong Taratak Baru,Nagari Padang Laweh Selatan. Minggu ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Kodim 0319 Mentawai Bekali Muda Mudi Katolik Pengetahuan Wawasan Kebangsaan



INFO|MENTAWAI Bangsa Indonesia harus memiliki integritas dan kredibilitas yang kuat ketika berperan di dunia internasional sebagai negara yang berdaulat dan bermartabat. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menanamkan wawasan kebangsaan pada setiap warga negara Indonesia.


Wawasan kebangsaan adalah pandangan bangsa Indonesia tentang dirinya sendiri dan lingkungan dalam mengekspresikan jati diri bangsa dalam tatanan kehidupan dunia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pada hakikatnya wawasan kebangsaan merupakan pandangan bersama seluruh komponen bangsa Indonesia, dan merupakan landasan bagi pengembangan sentimen dan semangat kebangsaan yang tinggi dalam segala aspek kehidupan bangsa.

Dalam hal ini, Kodim 0319/Mentawai berikan pengetahuan wawasan kebangsaan kepada perwakilan muda-mudi Katolik Se-kabupaten Kepulauan Mentawai yang di ikuti sebanyak 90 peserta bertempat di Sekolah Kristen Santo Petrus Tuapejat, Selasa (25/6/2024).

Dandim 0319/Mentawai, Letkol Inf Restu Petrus Simbolon melalui Pasiterdim, Lettu Czi Jufrinaldi Masri dalam menterinya menjelaskan, wawasan kebangsaan adalah sikap atau ciri dari pemahaman dan kajian yang lebih mendalam tentang suatu bangsa untuk mewujudkan kesadaran nasionalis dalam jiwanya.

Dalam dunia pendidikan, pengetahuan nasional harus ditanamkan kepada generasi muda, sehingga mereka dapat menghormati negara dan pahlawannya serta bangga dengan negaranya yaitu Indonesia, tuturnya.

Dikatakan, wawasan kebangsaan adalah konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah, meliputi tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya, dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan, yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial-budaya, dan hankam.

Wawasan kebangsaan sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia.

Sebagai satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif.

Selain materi pengetahuan tentang wawasan kebangsaan juga di berikan materi kesehatan tentang Longmalap oleh personil Poskes Kodim 0319/Mentawai dan Out Bond serta Praktek Lapangan di pimpin Batihops beserta Anggota Kodim 0319/Mentawai.

Kegiatan wasbang di hadiri seluruh Pastor Paroki Se-kabupaten Mentawai, Panitia Penyelenggara Kegiatan Pembinaan Muda-mudi Katolik Se-kabupaten Mentawai, Pengurus Gereja Katedral Padang – Sumbar, Pasiter Kodim 0319/Mentawai, Anggota Kodim 0319/Mentawai dan  90 Peserta dan Pendamping dari Seluruh Paroki Sekabupaten Mentawai, (Ers).

Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »