PILIHAN REDAKSI

Kunjungi Bayi Penderita Anencephaly, Bupati Benny Dwifa Pastikan Biaya Perawatan Pemda yang Menanggung

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa kunjungi bayi tanpa tempurung kepala (Anencephaly)di Jorong Taratak Baru,Nagari Padang Laweh Selatan. Minggu ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Terima Penghargaan Dari BKKBN RI

 



INFONUSANTARA.NET, Sijunjung - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN RI), Hasto Wardoyo di Hotel PO Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (26/6/24). 


Penyerahan penghargaan tersebut bertepatan dengan menyemarakkan rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tahun 2024. 


Diketahui, penghargaan itu merupakan Rumah Data Kependudukan (RDK) Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat ditetapkan sebagai terbaik I (satu) pada penilaian apresiasi insan rumah data kependudukan BKKBN tingkat Nasional tahun 2024 untuk Katogeori Konvensional. 


Usai menerima penghargaan, Bupati Benny Dwifa mengucap syukur dan terima kasih pada BKKBN RI atas penghargaan yang diberikan.


“Suatu kebanggan bagi kami khususnya daerah Kabupaten Sijunjung menerima penghargaan tingkat nasional ini,” katanya.


Ia juga menjelaskan penghargaan yang diterima juga berkat support banyak pihak yang telah mempersiapkan dengan sebaik mungkin.


"Keberhasilan Rumah DataKu ini tidak terlepas dari peran penting dan keterlibatan lintas sektor  yang bersinergi dalam mengoptimalkan dan pemanfaatan data data yang ada untuk mewujudkan pembangunan nagari yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di nagari," ujarnya. 


Bupati mengakui pentingnya Rumah DataKu di Kampung KB sebagai sumber data bagi Pemerintah Daerah.


“Rumah DataKu merupakan rumah atau tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro,” jelasnya. 


Sementara, Wali Nagari Taratak Baru, Mankasbi juga mengatakan Rumah Dataku tentu sangat penting sekali terutama dalam pengelolaan data nagari.


Pemanfaatan data kependudukan secara mikro pengelolaannya mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, memverifikasi, menganalisis data yang bersumber dari, oleh dan masyarakat sebagai basis untuk mengintervensi pembangunan di kampung KB.


“Dengan adanya upaya itu tentu akan membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari berbagai sektor,” pungkasnya.


Pada kesempatan itu, Bupati Benny Dwifa didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Roni Satria, Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Tanjung Gadang, Lili Susanti, Wali Nagari Taratak Baru, Mankasbi dan Ketua BPN, Walvis Iprizon, Ketua Kampung KB Nagari Taratak Baru, Charlesmanto serta Ketua Rumah DataKu Nagari Taratak Baru, Rahmi. (Dicko/Danus)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »