PILIHAN REDAKSI

Kunjungi Bayi Penderita Anencephaly, Bupati Benny Dwifa Pastikan Biaya Perawatan Pemda yang Menanggung

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa kunjungi bayi tanpa tempurung kepala (Anencephaly)di Jorong Taratak Baru,Nagari Padang Laweh Selatan. Minggu ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Siaga SAR Khusus Lebaran 2024 Resmi di Buka Kakansar Mentawai



INFO|MENTAWAI Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai (Basarnas) menggelar apel siaga SAR khusus lebaran tahun 2024 yang telah di mulai hari ini (3/4/2024) sampai 18 April 2024.


Apel siaga SAR khusus lebaran di pimpin langsung Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai, Rudi, SE dengan melibatkan sebanyak 42 personel bertempat di lapangan SAR Mentawai, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan siaga SAR khusus lebaran ini, peralatan dan sarana pendukung yang di siapkan Basarnas Mentawai, KN SAR Ramawijaya 1 unit, RIB (Rigid Inflatable Boat) 2 unit dan perahu karet 9 unit untuk fasilitas laut.

Fasilitas unsur Darat di bekali Rescure Carrier 1 unit, Rescue Truck Compartmens 1 unit, D-Max Double acabin 2 unit, Truck personel 2 unit dan motor Trail 2 unit.

Sementara peralatan utama darat meliputi, Long spiral board, Drone, Ringbuoy, Aqua Eye, Live Best, Peralatan Medis, Peralatan Selam, SCBA, Kompresor, Peralatan VAR, Alat proteksi diri dan Radio Komunikasi (HT).

Kakansar Kelas B Mentawai, Rudi, SE dalam amanatnya menyampaikan, bahwa siaga SAR khusus lebaran yang rutin dilaksanakan setiap menjelang dan pasca lebaran ini sebagai wujud kesiapsiagaan tim SAR dalam menghadapi kedaruratan selama lebaran.

Sesuai tugas dan fungsinya, Basarnas melaksanakan operasi SAR, yaitu mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada kecelakaan kapal, kecelakaan dengan penanganan khusus, bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia.

Sesuai arahan Kepala Basarnas di harapkan pada pelaksanaan nanti tunaikan tugas dengan sungguh-sungguh dan terutama jaga kesehatan serta selalu peka dengan informasi yang masuk.

“Lakukan koordinasi dengan instansi lain, sehingga kita tidak sendiri melaksanakan tugas siaga SAR khusus lebaran ini, intinya senantiasa berkolaborasi” ucapnya.

Dalam kegiatan siaga SAR khusus lebaran, Basarnas siap memberikan pelayanan SAR yang optimal kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun yang membutuhkan.

Orientasi Siaga SAR Khusus Lebaran, lanjut Kakansar dalam rangka memberikan respon pelayanan SAR yang cepat, tepat, dan terukur sesuai motto Basarnas: Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa.

Selebihnya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama berlebaran. Tim SAR siaga di setiap titik lokasi seperti, pelabuhan Sioban, Bandara Udara, Pelabuhan Tuapeijat dan objek wisata.

Diakhir sambutannya, Kakansar Mentawai menghimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan mudik untuk selalu mengutamakan aspek keselamatan termasuk pengunjung wisata, (Ers).

Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »