PILIHAN REDAKSI

Polres Dharmasraya Tetapkan 8 orang Sebagai Tersangka Pengrusakan Kantor dan Perumahan PT.TKA

  INFONUSANTARA.NET ,Dharmasraya -- Polres Dharmasraya menetapkan status tersangka terhadap 8 orang terkait pengrusakan perumahan PT. TKA.  ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Menko PMK dan Deputi BNPB Serahkan Bantuan Rp250 Juta ke Sijunjung




INFONUSANTARA.NET, Sijunjung -- Jajaran pegawai/ ASN Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Unsur Forkopimda dan BUMN/BUMD mengikuti dialog kebangsaan bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Jumat (26/4/2024).


Dialog Kebangsaan tersebut digelar di Gedung Pancasila jalan M.Yamin Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung.Turut dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Bupati Sijunjung Benny Dwifa, Kapolres AKBP Andre Anas, Kajari Adi Nuryadin Sucipto, serta sejumlah pejabat strategis lingkup Pemkab Sijunjung.  


Setelah sebelumnya tiba di Kabupaten Sijunjung menaiki Helikopter milik BNPB dan parkir di Lapangan Sepakbola Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto II. Bersama Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Fajar Setyawan, Plt. Deputi II Sorni Paskah Daeli,

Gubernur Sumbar Mahyeldi, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar Dr. Bakhtiar, dan melalui jalan darat Asisten Deputi Bidang Moderasi Beragama Thomas Siregar.


Sebelum memberikan materi Dialog Kebangsaan, Menteri PMK Muhadjir Effendy menggelar Shalat Jumat di Masjid Agung Istiqlal Muaro, Makan Bersama dan Silaturrahmi di Rumah Dinas Bupati Sijunjung kawasan Bukit Berbunga Nagari Muaro, dan Meresmikan Operasional Rumah Dakwah Muhammadiyah Syafii Ma'rif yang ditandai dengan prosesi pengguntingan pita oleh Muhadjir Effendy.


Plus penyerahan bantuan logistik dan peralatan untuk siaga darurat dalam penanggulangan bencana hidrometrologi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan bantuan uang tunai senilai Rp250 juta.  



Hal ini bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Serentak Nasional tahun 2024 yang dipusatkan di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).


“Alhamdullilah berkat proposal yang kita ajukan beberapa waktu lalu, Kemenko PMK bersama Kepala BNPB mengabulkan permintaan bantuan logistik untuk Pemkab Sijunjung yang secara resmi diserahkan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Kemenko PMK bersama Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Fajar Setyawan," jelas Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir di sela-sela acara. 


Menurut Benny Dwifa penyerahan bantuan itu bertujuan untuk mempercepat penanganan darurat bencana yang terjadi di Kabupaten Sijunjung. Mulai dari bencana banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta lain sebagainya. 


BNPB memberikan dukungan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung berupa operasional penanganan darurat dana siap pakai sejumlah 250 juta rupiah, serta dukungan logistik peralatan lainnya.


“Atas bantuan yang diberikan ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Pemkab Sijunjung," tegas Benny.


Dalam Dialog Kebangsaan di Gedung Pancasila Nagari Muaro, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mendukung penuh proses pembangunan daerah.  Terlebih lagi bagi para aparatur sipil negara, mesti berada di garda terdepan. 


Salah satu kunci dalam percepatan pembangunan daerah adalah terciptanya kesamaan komitmen dan kekompakan ditengah-tengah masyarakat. Baik itu di bidang fisik maupun non fisik, semua elemen harus saling mendukung. 


Begitupun disaat muncul bencana alam, satu-sama lain mesti bersinergi melakukan penanganan dan proses pemulihan. 


"Sekali lagi saya tegaskan mari perkuat persatuan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai hal," ujarnya. 


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Puji Basuki menuturkan agenda Menteri PMK selama berada di Sijunjung hari Jumat (26/4) sekira pukul 12.10 WIB. Menko PMK beserta rombongan mendarat di Sijunjung dengan pesawat helikopter dan langsung menuju Masjid Agung Istiqlal Muaro Sijunjung untuk menunaikan Shalat Jumat.


Usai Shalat Jumat menuju Rumah Dinas Bupati Sijunjung dan mengadakan dialog kebangsaan yang diikuti oleh Pemprov Sumbar, Pemda Sijunjung, jajaran Forkopimda, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sijunjung.(Danus).

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »