PILIHAN REDAKSI

Dua Pelaku Kawanan Pencurian Berhasil Diringkus Polres Payakumbuh di Lokasi Berbeda

INFO|Payakumbuh - Tim "Gedor" Sat Reskrim Polres Payakumbuh berhasil menangkap dua pelaku tindak pidana pencurian yang terjadi pa...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Dapil 4, Hanya Sisakan 2 dari 7 Petahana DPRD Padang

 

Ketua KPPS 35,Saribulih saat mengeluarkan isi kotak suara sebelum pelaksanaan pencoblosan pada Rabu, 14/2/2024


INFONUSANTARA.NET -- Tragis! Pernyataan tersebut pantas disematkan pada pertarungan menuju DPRD Padang Daerah Pemilihan (Dapil) 4.


Berdasarkan rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan, telah berhasil mendapatkan gambaran calon legislatif dari dapil 4 DPRD Kota Padang.


Tujuh kursi yang diperebutkan di Kecamatan Lubuk Begalung dan Bungus Teluk Kabung ini, berhasil diraup mayoritas wajah baru.


Tragisnya, 5 dari 6 anggota DPRD Padang yang bertarung hanya 2 yang mampu bertahan. Sementara 3 lagi harus gigit. Sedangkan, Asrizal dari PAN melepaskan diri dari dunia perpolitikan Kota Padang. Lantaran tidak ikut mencalonkan diri untuk periode 2024-2029.


Dua petahana yang kembali berkiprah di DPRD Kota Padang adalah Dewi Susanti (Partai Gerindra) dan Jufri (PAN). Sementara, yang gagal menikmati dinginnya ruang DPRD Padang adalah Amran Tono dan Elly Trishyanti (Partai Gerindra) serta Mur Ikhwan (PPP).


Amran Tono dan Elly Trishyanti gagal, lantaran Partai Gerindra hanya mampu meraih 1 dari 3 kursi yang diraih pada Pemilu sebelumnya. Pada pemilu kali ini, Partai Gerindra harus mendapatkan kursi mahal, yakni 15.047 suara.


Namun gagal mendapatkan 2 kursi, lantaran berdasarkan metode perhitungan Sainte lague yang digunakan dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024, sisa suara Partai Gerindra hanya 5.016. Sedangkan Partai Demokrat sebagai pemilik kursi ketujuh di dapil 4, meraup 5.985 suara.


Mur Ikhwan juga tereliminasi dari kursi kedua dapil 4 DPRD Kota Padang. Walau PPP berhasil mendapatkan kursi kedua dengan perolehan 11.245 suara. Namun Mur Ikhwan gagal menyaingi pendatang baru, Indra Guswandi.


Hal menarik, pendatang baru wajah lama Yendril kembali berkiprah di DPRD Padang. Mantan Anggota DPRD Padang dari Hanura ini kembali masuk gedung DPRD Kota Padang melalui Partai Nasdem.


Yendril yang periode sebelumnya bertarung melalui PKB gagal ke DPRD Sumbar. Kali ini berhasil mendapatkan kursi ketiga DPRD Kota Padang dapil 4 bersama perolehan Partai Nasdem. Partai besutan Surya Paloh ini meraih 8.939 suara.


Partai Golkar juga menempatkan pendatang baru Devi Febrida untuk kursi keempat dapil 4 DPRD Kota Padang. Partai Golkar berhasil mendapatkan 8.077 suara.


Sebelumnya, saat Lubuk Kilangan satu dapil dengan Lubuk Begalung dan Bungus Teluk Kabung, Wakil Partai Golkar adalah Miswar Jambak. Kali ini, Miswar Jambak juga duduk di Dapil 3 (Pauh dan Lubuk Kilangan).


Sedangkan kursi kelima Dapil 4 DPRD Kota Padang diraih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 7.566 suara. PKS menempatkan kader terbaiknya, Hendrizal untuk berkiprah di DPRD Kota Padang untuk periode 2024/2029.


Nasib kurang baik terjadi pada Partai Amanat Nasional (PAN). Jangankan bertambah, Partai Walikota dan Wakil Walikota Padang ini justru tergerus dari 2 menjadi 1 kursi. Itupun, PAN dengan menempatkan Jufri hanya mendapatkan kursi keenam dengan 7.551 suara.


Hal menarik Partai Demokrat berhasil mengunci kursi ketujuh Dapil 4 DPRD Kota Padang dengan perolehan 5.985 suara. Dengan hasil ini, Partai Demokrat berhasil menempatkan tokoh Infrastruktur Rusdi untuk duduk di DPRD Kota Padang.


Walau daftar caleg yang akan duduk di kursi DPRD Kota Padang sudah diketahui. Namun, ketetapan final akan ditentukan pada rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kota Padang.


Rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kota Padang ini akan berlangsung dari Rabu (28/2) sampai Selasa (5/3)pada salah satu hotel di Kota Padang.


 Sumber:sipiritsumbar.com


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »