PILIHAN REDAKSI

Kunjungi Bayi Penderita Anencephaly, Bupati Benny Dwifa Pastikan Biaya Perawatan Pemda yang Menanggung

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa kunjungi bayi tanpa tempurung kepala (Anencephaly)di Jorong Taratak Baru,Nagari Padang Laweh Selatan. Minggu ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Safari Ramadhan, Sekda Mentawai Dampingi Wagub Sumbar Serahkan Bantuan di Siberut




INFO|MENTAWAI - Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat mentawai, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di dampingi Plt Sekda Mentawai, Rinaldi serahkan bantuan di Siberut.


Kegiatan yang dilakukan Wagub Sumbar ini dalam rangka safari ramadhan dengan membawa sejumlah Kepala OPD bersama rombongan Pemkab Mentawai.


Dalam agenda Wagub Sumbar di siberut melalukan kunjungan di salah satu Samggar Seni Budaya Uma Jaraik Sikerei di Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan.


Usai melihat sanggar seni budaya, Wagub memberikan bantuan madu Galo-galo sebanyak 100 Stup kepada HKM, Kelompok Tani Simatalu Mentawai Desa Muntei dan 95 Stup kepada Kelompok Tani Simakere Patuat Desa Saliguma, kecamatam Siberut Tengah secara simbolis.


Selain bantuan untuk kelompok tani, Wagub Sumbar yang di dampingi Plt Sekda Mentawai juga memberikan bantuan di Masjid Al-Quds dan Masjid Nurul Hidayah Muara Siberut berupa 10 Al-quran, Sarung 50 helai, makanan tambahan balita 10 Dus dan bantuan uang tunai sebesar Rp 25 juta masing-masing Masjid dan Pemkab Mentawai memberikan 10 Al-quran.


"Bantuan yang kita serahkan ini di harapkan dapat di pergunakan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Muntei khususnya di Siberut" ucap Wagub saat berikan sambutan di Masjid Al-Quds Desa Muntei, Sabtu (25/3/2023).


Disisi lain baru-baru ini, kata dia Desa Muntei masuk dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang di umumkan Kemenparekaf dan di harapkan masyarakat setempat tetap menjaga kelestarian budaya.


Dia mengaku meski perdana datang ke siberut, namun suasana di Desa Muntei memiliki corak warna sendiri, bahkan beda dengan daerah lain yang pernah dikunjungi.


"Ada waktu saya akan datang lagi kesiberut melihat lebih dekat adat dan budaya yang ada di Desa Muntei" ucapnya.


Di tempat yang sama, Plt Sekda Mentawai, Rinaldi menyampaikan, Desa Muntei ini menjadi daerah wisata budaya dan di harapkan lebih banyak pengunjung dari mancanegara nantinya untuk melihat keunikan budaya yang ada di mentawai.


Nah, setelah sudah final hasil penilaian yang akan di lakukan Kemenparekaf April 2023 ini di harapkan masyarakat menjadi desa sadar wisata.


Dia menyebut, kedatangan rombongan Wagub Sumbar setidaknya menjadi salah satu dukungan Pemprov dalam rangka mempromosikan wisata budaya desa muntei di luar mentawai.


"Desa wisata di muntei ini akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat nantinya dan semakin maju, maka perlu di pertahankan kelestarian adat budaya" tutupnya.


Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »