PILIHAN REDAKSI

Figur Muda, Wahyudi Thamrin di Gadangkan Maju Pilkada Limapuluh Kota

INFO|Payakumbuh - Tokoh masyarakat Wahyudi sekaligus politisi, aktivis Wahyudi Thamrin menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam p...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Membangun Kekompakan Sesama Panwaslu Melalui Kegiatan Outbound




INFO|MENTAWAI - Outbound adalah aktivitas pengembangan diri yang dilakukan dengan memanfaatkan keunggulan alam untuk melakukan sebuah kegiatan


Kegiatan outbound ini bisa diikuti semua kalangan, dimana aparatur Bawaslu dan panwascam se-kabupaten mentawai ikuti kegiatan outbound dalam rangka meningkatkan kapasitas.


Dalam kegiatan outbound ini di pandu langsung dari anggota Kodim 0319/Mentawai, Serka Hotman A. S. Purba dilaksanakan di ruangan terbuka berlokasi di Homestay Mapaddegat, Jumat (10/3/2023).


Metode kegiatan outbound yang di berikan meliputi Guling pimpong, Guling kelereng, Memasukkan paku ke dalam botol, Karet Estafet, Tukar baju estafet, Sarung estafet, Tepung estafet dan Lomba Isi air.


Dia menyebut, metode ini dinilai lebih efektif jika peserta melakukan praktik secara langsung dan di rasakan manfaatnya sebagai sarana mengasah jiwa kepemimpinan 


Selain itu melatih diri dalam mengambil keputusan. Nah metode ini termasuk dalam aspek saat menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu pada tahun 2024 mendatang, ujarnya.


"Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, peserta diajak memahami karakter orang lain serta dilatih untuk beradaptasi dengan siapa pun dan dalam kondisi apa pun" sebut Hotman.


Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Mentawai, Perius Sabaggalet, S.Kom yang juga ikut dalam kegiatan outboud itu menyampaikan, dengan kegiatan ini aparatur pengawas pemilu tidak akan mudah goyah dalam menghadapi tantangan pekerjaan nantnya.


Tak hanya itu usai kegiatan outbound ini juga dapat di aplikasikan dalam mejalankan tugas sehari-hari dan suasana pun berubah menjadi lebih akrab dan kekeluargaan sesama pengawas pemilu di bumi sikerei.


"Kegiatan outbound ini meningkatkan pertumbuhan fisik yang lebih baik serta mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis" ujarnya.


Manfaat kegiatan outbound ini, kata dia luntuk menumbuhkan jiwa leadership, terutama ketika mengatasi permasalahan yang ada saat melaksanakan tugas 


Selain itu melatih kerja sama tim. Sebab, beberapa permainan dalam outbound mengharuskan peserta bahu membahu dengan rekan setimnya untuk menyelesaikan permainan.


Nah, kegiatan outbound ini dapat di aplikasikan para pengawas pemilu dalam melaksanakan tugasnya serta mampu mengambil keputusan dengan tepat.


"Prinsipnya kegiatan ini meningkatkan kemampuan dan kedewasaan seseorang saat mengambil keputusan dan menumbuhkan arti penting kebersamaan dan peduli terhadap sesama khusus bagi pengawas pemilu" ucapnya.


Tak hanya itu melalui kegiatan outbound ini menjadi salah satu sarana refreshing bagi peserta. Jadi kegiatan yang menyenangkan tentu akan memberikan rasa suka cita bagi para peserta di sela-sela rutinitas harian yang membosankan, tukasnya.


Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »