PILIHAN REDAKSI

Minimalisir Tindakan Kejahatan, Polres Payakumbuh Sasar Daerah Rawan Termasuk SPBU

INFO|Payakumbuh - Demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukumnya, Polres Payakumbuh gencar lakukan patroli di daerah-...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Taman Kota Lapangan Cinduo Mato Resmi di Buka Untuk Umum




INFO|Tanah Datar - Setelah diserahkan kepada Pemda Tanah Datar oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Sumbar beberapa waktu lalu dan dengan diawali pembukaan pagar seng oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra,SE, MM bersama Pimpinan DPRD Tanah Datar, Forkopimda, pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar, Pimpinan BUMN dan BUMD, Taman Kota Lapangan Cindua Mato Batusangkar resmi dibuka dan terbuka untuk umum, Rabu (8/2/2023).


Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra mengucapkan terima kasih kepada pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar yang telah berhasil merampungkan pekerjaannya dan menyerahkan aset milik negara yang ada di lapangan Cindua Mato kepada Pemda Tanah Datar. 


"Inilah yang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat, hari ini secara seremonial kita sudah membuka pagar seng lapangan ini. Tetapi tidak hanya sekedar membuka, kita juga harus segera menyelesaikan beberapa pekerjaan yang terbengkalai seperti toilet dan segala macamnya sehingga nantinya seluruh fasilitas umum yang ada disini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," sampai Bupati. 


Terkait dengan pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di depan lapangan, dikatakan Bupati Eka bahwa berkat kerjasama dan dukungan dari Forkopimda bersama instansi terkait dua hari yang lalu sudah direlokasi ke depan lapangan Gumarang. 


"Alhamdulillah itu berjalan dengan lancar, kalau ada sedikit letupan itu hal biasa itu hanya komunikasi. Tujuannya sama, untuk kebaikan kita juga untuk kebaikan pedagang dan untuk kebaikan masyarakat di Tanah Datar," ujar Bupati. 


Dikatakan Eka Putra, bahwa dengan adanya aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada dirinya terkait lapangan Cindua Mato itu menambah motivasi baginya untuk bekerja dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat. 


"Beberapa kritik dan saran yang ditujukan kepada kami itu membuat kami semangat dan kompak, sehingga hari ini kita bisa membuka kembali lapangan Cindua Mato ini. Jadi niat kami ikhlas melanjutkan apa yang sudah dimulai oleh pemimpin sebelum kami agar segera bisa kembali dimanfaatkan oleh masyarakat Tanah Datar. Alhamdulillah hari ini bisa sama-sama kita lihat, lapangan Cindua Mato ini betul-betul sudah dibuka untuk umum," kata Bupati Eka. 


Tidak itu saja, kepada OPD terkait Bupati menekankan agar selalu stanby untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di lokasi Taman Kota Lapangan Cindua Mato Batusangkar. 


"Jangan sampai ada pedagang baru yang datang dan berjualan disini, bila diperlukan siaga disini selama 24 jam. Terkait hal ini, kami juga berharap dukungan langsung dari pihak kepolisian dan juga Kodim 0307 Tanah Datar," imbuhnya. 


Kepada seluruh masyarakat, Bupati juga menghimbau untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga Lapangan Cindua Mato ini. 


"Kepada seluruh masyarakat Tanah Datar dengan senang hati Saya menyampaikan Ayo sama-sama kita manfaatkan lapangan Cindua Mato ini. Ini adalah etalase kita di kota Batusangkar, mari sama-sama kita jaga kebersihannya, mari sama-sama kita jaga keamanannya," pungkasnya.


Sebelumnya Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar yang diwakili Kasi Pelaksana Wilayah 2 Bayu Novianto di kesempatan itu berharap setelah resmi dibuka untuk umum Taman Kota Lapangan Cindua Mato bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 


"Aset ini sebagai barang milik begara, harapan kami dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan juga bisa meningkatkan ekonomi karena dengan adanya lapangan ini bisa menjadi daya tarik wisata dari luar kota sehingga bisa menambah PAD Tanah Datar," ujar Bayu. 


Dengan adanya taman ini, tambah Bayu, bisa mendukung spot-spot wisata yang sudah ada sebelumnya seperti Istano Basa Pagaruyung, Nagari Tuo Pariangan dan yang lainnya dan bisa menjadi salah satu icon tersendiri untuk Tanah Datar. 


Selain itu, Bayu juga mengharapkan aset ini bisa dipelihara bersama-sama, bukan hanya pemerintah daerah Tanah Datar tetapi juga masyarakat yang akan menggunakannya. 


"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan seluruh jajarannya, karena tanpa bantuan Bapak Ibu sekalian barangkali ini tidak akan selesai," pungkasnya.


Dilain pihak, Pimpinan DPRD Tanah Datar Saidani menyampaikan apresiasi Pemerintah Daerah Tanah Datar karena telah mampu merespon dengan cepat aspirasi masyarakat. 


"Walaupun pembangunan ini sudah sangat lama mulai dari perencanaan pada tahun 2018 dan dimulai pembangunan pada tahun 2020 yang lalu Alhamdulillah hari ini sudah bisa kembali kita manfaatkan" tuturnya 


Harapan kita, kata dia ini bisa menjadi satu sarana tempat rekreasi kunjungan bagi masyarakat Tanah Datar pada khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya, sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat, untuk acara keluarga dan sebagainya. 


Tentunya juga berharap UMKM kita terutama yang berada disekitar lapangan juga bisa berkembang seiring dimanfaatkannya Taman Kota Lapangan Cindua Mato ini," kata Saidani. 


Saidani juga mengapresiasi Pemda Tanah Datar yang juga telah berhasil merelokasi para pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di depan lapangan dengan tidak menimbulkan gejolak. 


"Ini kita apresiasi, begitu juga dengan masyarakat yang telah bekerjasama dengan pemerintah daerah. Sehingga lapangan ini nantinya benar-benar akan menjadi tempat yang nyaman untuk untuk pengunjung," tutupnya. 


Penulis : Elvi

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »