PILIHAN REDAKSI

Tekan Inflasi, PJ Bupati Mentawai Bersama Forkopimda Galakkan Penanaman Cabe

INFO|MENTAWAI - Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian galakkan gerakan penanaman cabe sere...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Bersihkan Lapangan Cindua Mato, Goro Bersama Dengan ASN di Pimpin Bupati Eka Putra




INFO|Tanah Datar - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM pimpin apel bersama ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar dalam rangka gotong royong bersama pembersihan Lapangan Cindua Mato jelang dibuka untuk umum di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Jumat (3/2/2023).


Apel tersebut juga diikuti oleh Sekda Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, para Staf Ahli Bupati, Asisten dan Kabag dilingkungan Setda Tanah Datar, Kepala OPD, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Direktur PDAM Tirta Alami dan seluruh ASN di lingkup Pemda Tanah Datar. 


Dalam arahannya Bupati Eka Putra atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Balai Pemukiman Wilayah Sumatera Barat  yang telah menyerahkan sarana dan prasarana yang telah dibangun di lapangan Cindua Mato melalui dana APBN kepada pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 


"Hari ini kita sangat bahagia sekali, karena akhirnya lapangan Cindua Mato yang merupakan kebanggaan masyarakat Tanah Datar khususnya Kota Batusangkar ini kembali dapat kita buka untuk umum dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Tentunya ini merupakan angin segar yang selama ini sudah dinanti-nantikan masyarakat Tanah Datar, karena fungsi lapangan Cindua Mato ini sebagai taman kota memang menjadi kebutuhan bagi masyarakat sekitar," kata Bupati. 


Bupati Eka Putra juga berharap, keberadaan lapangan Cindua Mato yang sangat strategis di pusat kota Batusangkar ini bisa menjadi daya tarik khusus dalam pengembangan wisata dan olahraga di Tanah Datar. 


Apalagi dengan adanya pembangunan sarana prasarana di dalam lapangan ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat layaknya fungsi taman kota lapangan Cindua Mato dapat menjadi ikon dan salah satu daya tarik bagi pengunjung dan dapat menjadi pintu bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


"Sengaja kita melaksanakan apel bersama ASN di lapangan ini dan dilanjutkan dengan bergotong-royong dalam rangka persiapan pemanfaatan pemakaian lapangan Cindua Mato. Gotong royong yang kita lakukan pada hari ini berfokus pada pembersihan area terhadap sampah dan gulma di dalam lapangan, agar tercipta kebersihan dan kenyamanan lingkungan," sampai Bupati. 


Selain itu, Bupati Eka juga menginformasikan bahwa gotong royong sebelumnya juga sudah dilakukan oleh Dinas Perkim dan LH. "Untuk itu pada pagi ini Saya mengajak kita semua mari sama-sama kita bersihkan lapangan kita dan Insya Allah mulai dari hari ini juga para pedagang juga akan kita atur dan pindahkan ke tempat yang sudah kita siapkan. Insya Allah dalam waktu empat hari ke depan semuanya selesai dan minggu depan Lapangan Cindua Mato ini sudah kita buka untuk umum," terang Eka Putra yang disambut tepuk tangan para peserta apel. 


diperkirakan sampai 4 hari ke depan insya Allah minggu depan ya ini sudah dibuka untuk umum 


Namun demikian tambah Bupati, berkenaan dengan sampah yang selama ini selalu menjadi masalah bukanlah semata-mata tanggung jawab dari pemerintah saja, tetapi kepada masyarakat di Tanah Datar juga diajak untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah disediakan. 


"Untuk itu, kepada masyarakat yang ada di Tanah Datar dan Batusangkar ini mari kita bersama-sama menjaga lapangan Cindua Mato ini terutama kebersihan, keamanan dan kenyamanannya bagi pengunjung yang akan datang ke sini," himbau Bupati Eka. 


Selain itu kepada seluruh ASN juga diminta untuk menyampaikan kepada masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya agar juga dapat berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing. 


Tidak itu saja, kepada seluruh ASN yang hadir ikut apel dan goro bersama Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih. 


"Pagi hari ini yang sudah bersedia ikut apel di lapangan Cindua Mato tentu ini juga menjadi kenangan bagi kita di saat lapangan Cindua Mato sudah diserahkan sementara kepada pemerintah, kita melakukan apel bersama dan goro bersama di sini. Mudah-mudahan budaya gotong royong terus kita jaga mulai dari Pemda Kabupaten sampai ke pemerintah Nagari" tuturnya.


Budaya gotong royong itu juga sebutnya membantu kita untuk bersilaturahmi dengan sesama ASN dan juga sesama masyarakat yang mengadakan gotong royong. Tidak mungkin kita bisa melakukan keamanan dan kebersihan itu sendiri tanpa bantuan dari masyarakat lingkungan kita dan juga masyarakat di Kabupaten Tanah Datar.


Terkait hal tersebut, Bupati Eka Putra sekali lagi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh ASN dan juga PKK yang ikut bergotong royong bersama untuk melakukan pembersihan di dalam lingkungan lapangan Cindua Mato. 


Penulis : Elvi

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »