PILIHAN REDAKSI

Bupati Sijunjung Beserta Jajarannya Sambut Kunjungan Rombongan Dari Menko PMK Prof Dr Muhadjir

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, sambut kedatangan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), yang juga Ketua...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Kegiatan Inovatif Praka Dior ST Budidaya Tanaman Timun



INFO|MENTAWAIKegiatan di hari libur sangat cocok habiskan waktu untuk melakukan aktivitas positif yang dapat memberikan hasil bagi keluarga.


Kalau di hari libur, biasanya banyak di kalangan keluarga dan pemuda untuk lakukan aktivitas jalan-jalan atau menikmati objek wisata yang ada di kepulauan mentawai

Nah, bagi anggota Kodim 0319/Mentawai, Praka Dior Sandy Tamba yang juga sebagai owner Penerangan Kodim (Pendim) di hari libur dia manfaatkan waktu budidaya tanaman muda yaitu timun.

Budidaya timun yang di lakukan Praka Dior ini sudah berusia kurang lebih 21 hari dan tinggi tanaman 5 cm. Pola penanaman yang di lakukan hanya sederhana.

Untuk tanaman timun ini, menurut Dior tidak terlalu sulit prosesnya, yang terpenting itu ada lahan atau di siapkan.

Menurut Dior, kalau bibit timun juga tidak terlalu sulit mendapatkannya, proses sebelum di tanam biji timun harus di keringkan serta di beri pupuk, agar bibit yang akan di tanam tumbuh dan berkembang.

Kemudian bibit timun yang sudah di keringkan atau sudah berusia 20-30 hari sangat perlu di perhatikan dengan melakukan pemeliharaan dan perawatannya.

Pemeliharaan bibit timun ini juga perlu dilakukan seperti pengendalian gulma pada waktu tanaman masih muda dan menjaga tanaman dari serangan hama penyakit.

“Paling penting itu menjaga menjaga ketersediaan air pada tanaman,” jelasnya kepada media, Minggu (6/11/2022).

Dikatakan guna merawat tanaman tujuannya supaya bibit yang sudah di tanam memberikan hasil yang maksimal serta tingkat kesuburan tanaman perlu di perhatikan.

“Budidaya timun ini kita lakukan dengan cara perawatan holtikultura agar nantinya hasil tanaman sesuai dengan harapan” tuturnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini sebagai salah satu tugas pokok aparat teritorial sebagai bentuk ketahanan pangan di bidang Hortikultura (sayuran) sebagai upaya bersama dalam mengatasi kesulitan masyarakat soal kebutuhan pokok.

Editor : Heri Suprianto

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »